Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 29 Oktober 2021 - 12:03 WIB

Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Aktifkan Kembali Acara Lailatul Jumat

BATULICIN, RSB – Turunnya status PPKM di Kabupaten Tanah Bumbu dari level 3 menjadi level 2, mendorong Bupati Tanah Bumbu untuk kembali aktifkan pengajian Lailatul Jumat di Masjid Darul Azhar Nurussalam yang terletak di depan Istana Anak Yatim pada Kamis malam (28/10/2021).

Setelah lama vacum, kegiatan pengajian Lailatul Jumat ini telah dimulai lagi dengan dihadiri Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, pimpinan SKPD beserta staf, anggota DPRD beserta staf, anak yatim dari Istana Anak Yatim Darul Azhar dan masyarakat sekitar.

Rangkaian acara Lailatul Jumat ini diawali dengan Sholat Maghrib berjamaah, ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ustadz Hidayat, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Kabupaten Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Sholat Isya berjamaah, maulid habsyi dan terakhir ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Bumbu KH. Suhuful Amri.

Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan ceramah keagamaan tersebut diharapkan dapat membuka hati dan pikiran sehingga selalu diberikan keberkahan dalam hidup serta terjalin tali silaturahim yang baik.

Momen Lailatul Jumat yang akan dilaksanakan secara rutin setiap Kamis malam, juga menjadi indikator dalam artian saat ini masyarakat sudah mulai dapat beraktifitas seperti biasa. Terlebih saat ini status PPKM di Kabupaten Tanah Bumbu sudah berada pada level 2. Namun, penerapan protokol kesehatan masih terus dilaksanakan dengan mewajibkan para jamaah menggunakan masker.

Bupati juga menuturkan, dirinya akan membuka kesempatan ibadah umroh ke Tanah Suci atau ziarah ke Makam Para Wali untuk pejabat dan staf yang aktif mengikuti kegiatan Lailatul Jumat. Penilaian keaktifan para pejabat dan staf yang hadir ini dilihat dari pengisian absen yang telah disediakan oleh masing-masing SKPD. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan rasa syukur dan memberikan konsekuensi tanggungjawab pimpinan atas kehadirannya di Masjid Darul Azhar Nurussalam.

Kembali dimulainya acara Lailatul Jumat di Masjid Darul Azhar Nurussalam ini juga mencuri perhatian masyarakat sekitar yang sebelumnya telah aktif berpartisipasi. Ahmad Hendriansyah salah satu warga Kusan Hilir menjelaskan kepada Kru RSB bahwa beliau sangat bahagia dapat mengikuti kegiatan ini lagi setelah berhenti selama bertahun-tahun.

Bahkan sebelum masa pandemi beliau juga sering datang lebih awal agar tidak ketinggalan rangkaian acaranya. Sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan hingga pukul 12 atau 1 malam, dan tentunya sangat berbeda dengan sekarang yang mana hanya berlangsung sampai pukul 9 malam. Tapi hal ini tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk tetap menghadiri acara Lailatul Jumat. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Disnakertrans Tanbu Bersama BLK Beri Pelatihan Kerja Kepada 90 Peserta

Tanah Bumbu

Disbudporpar Tanbu Serahkan Uang Penghargaan Kepada Pelaku Seni dan Budaya

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Hadiri Penilaian Geospasial Banua Award di Banjarbaru

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Kembali Raih Predikat WTP untuk 11 Kali Berturut-berturut Dari BPK RI 2023

Tanah Bumbu

Rakorda BKPRMI, Camat Kusan Hilir Amirullah : Kita Tingkatkan Sinergitas Keagamaan

Tanah Bumbu

Rutin Hadiri Posyandu Balita, Pemdes Wiritasi Berikan Reward

Tanah Bumbu

Diusianya yang ke-20, Pemkab Tanah Bumbu Bergerak Menuju Serambi Madinah dengan Program 1 Desa 1 Masjid

Tanah Bumbu

Hari Jadi Ke-71, Pj Gubernur Kalsel Tegaskan Keberhasilan Pembangunan Harus Dirasakan Masyarakat

You cannot copy content of this page