DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / DPRD / Legislator

Senin, 1 November 2021 - 08:59 WIB

Bupati Zairullah Didampingi Sekda Terima Kunjungan Kerja Komisi 2 DPRD Kalsel

BATULICIN, RSB – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar didampingi Sekretaris Daerah H Ambo Sakka menyambut kunjungan kerja Komisi 2 DPRD Provinsi Kalsel yang dipimpin Ketuanya Muhammad Yani Helmi di Ruang Rapat Bupati, Jumat (29/10/2021) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati Zairullah mengatakan, hadirnya rombongan Komisi 2 DPRD Provinsi Kalsel itu akan memberikan dampak positif dan keberkahan bagi pembangunan di Tanah Bumbu.

Selanjutnya, Ketua Komisi 2 DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Yani Helmi disela kunjungan istimewa itu mengatakan, melalui forum diskusi ini akan memberikan dampak positif terhadap jalannya pembangunan di Propinsi Kalsel guna mendapatkan dan menghasilkan jalan keluar berbagai persoalan yang terjadi di daerah.

Maksud tujuan kedatangan rombongan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus melaksanakan koordinasi terhadap pemerintah kabupaten kota terkait sumber penerimaan daerah yang berasal dari Pajak Air Permukaan (PAP) .

Disampaikan, PAP merupakan pajak atas pengambilan air permukaan sebagaimana diketahui bahwa, PAP menjadi 5 jenis pajak yang menjadi wewenang dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

Dimana hasil yang diterima pemerintah provinsi tersebut akan dibagi dengan pemerintah kabupaten melalui dana bagi hasil.

Sehingga menjadi kewajiban bersama baik provinsi maupun kabupaten untuk bahu membahu dan mengupayakan agar potensi di sektor PAP mampu di realisasikan secara optimal.

Dia juga menyebutkan, adapun besaran pembagian dana bagi hasil PAP ini yakni 50 persen untuk pemerintah provinsi dan 50 persen lagi untuk pemerintah kabupaten kota.

Berkenaan dengan itu, Komisi 2 DPRD Provinsi Kalsel yang membidangi ekonomi dan keuangan terkait pajak daerah, kini pihaknya ingin mengajak kabupaten kota untuk saling bahu membahu dengan mengoptimalkan potensi dari PAP tersebut yang menjadi sumber penerimaan daerah.

Oleh karenanya, Yani Helmi berharap, hal ini menjadi suatu yang perlu mendapat perhatian dari seluruh pihak agar berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam memungut PAP dapat diselesaikan dan mendapatkan jalan keluar yang baik. (Win/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Bupati

DPRD

Bupati Jawab Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Dua Raperda
DPRD

DPRD

Sekda Tanah Bumbu Ambo Sakka, Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanah Bumbu

DPRD

DPRD

DPRD

Fraksi-fraksi DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Pemandangannya Terhadap Laporan PertanggungJawaban APBD TA 2021
Perda

DPRD

DPRD Tanah Bumbu Setujui Raperda LPj APBD Tahun Anggaran 2021
Perda

DPRD

Bupati Zairullah Lantunkan Sholawat pada Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan

DPRD

Fraksi DPRD Berikan Pandangan Umum Terhadap Dua Buah Raperda
dprd

DPRD

DPRD Tanbu Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2021

You cannot copy content of this page