Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Jumat, 22 Oktober 2021 - 08:32 WIB

Didampingi Menteri BUMN, Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel di Tanah Bumbu

BATULICIN, RSB – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir melakukan peresmian pabrik biodiesel di Desa Sungai Dua Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis, 21 Oktober 2021 siang kemarin.

Peresmian pabrik biodiesel itu dinilai Presiden Jokowi sangat penting bagi ketahanan energi nasional.

Ditegaskan Presiden, pentingnya hilirisasi dan industrialisasi kelapa sawit untuk dilakukan di Tanah Air mengingat potensinya yang sangat besar.

Presiden juga menjelaskan, bahwa memperkuat industri biodiesel merupakan pilihan yang sangat strategis di masa mendatang dalam rangka meningkatkan ketahanan energi nasional serta menekan besarnya defisit neraca perdagangan akibat impor solar.

Artinya, kalau negara sudah bisa memproduksi sendiri biodiesel di Tanah Bumbu dijadikan campuran menjadi solar, impor negara juga akan turun drastis. Sehingga catatan di tahun 2020 menghemat devisa sebesar Rp 38 triliun, diperkirakan di tahun 2021 akan menghemat devisa Rp 56 triliun.

Sementara itu, berdasarkan steatment tertulisnya kemarin siang, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, di segala sektor termasuk sektor energi, ketergantungan terhadap produk impor harus ditekan semaksimal mungkin. Sesuai dengan arahan Presiden, industri energi nasional yang mandiri adalah pondasi penting bagi kedaulatan energi.

Dia pun mengapresiasi langkah tegas Presiden yang terus mendorong Indonesia untuk mampu mengolah bahan mentah menjadi produk jadi. Ini seperti dalam pengolahan kelapa sawit yang mana Indonesia kini tidak lagi mengimpor bahan mentah, melainkan mengolahnya menjadi bahan jadi.

Menurutnya, dengan kualitas sumber daya manusia yang semakin baik yang didukung infrastruktur memadai, menjadi momentum bagi Indonesia untuk mampu mengolah industri siap pakai.

Peresmian pabrik biodiesel nasional oleh Presiden itu turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, dan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar. (Tia/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Tim Verifikasi Kabupaten Tanah Bumbu Sepakat 16 Desa Layak Dimekarkan

Tanah Bumbu

BPBD Tanah Bumbu Evakuasi Korban Banjir di Simpang Empat

Tanah Bumbu

BKPRMI Tanah Bumbu Gelar FASI & My Fest 2024

Tanah Bumbu

BPBD Tanah Bumbu Aktifkan Tiga Alat Tanda Pencegahan Dini Bencana

Disdik

Dinas Pendidikan Tanah Bumbu Sosialisasi Program SDSM ke Sekolah -sekolah

Tanah Bumbu

Risma Juara 3 Pemuda Pelopor 2024 se-Kalimantan Selatan

Tanah Bumbu

POPDA Kalsel 2024, Tanah Bumbu Raih Kemenangan di Basket Puteri

Tanah Bumbu

Program Satu Desa Satu Masjid, Jadikan Peringatan Hari Jadi ke-20 Tanah Bumbu Jadi Spesial

You cannot copy content of this page