Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Perikanan / Tanah Bumbu

Senin, 1 November 2021 - 09:16 WIB

Dinas Perikanan Fasiltasi Pelatihan Ekstrak Saripati Ikan Gabus

BATULICIN, RSB – Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu memfasiltasi terlaksananya pelatihan pengolahan ekstrak saripati ikan gabus atau haruan di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu.

Pelatihan yang berlansung selama 2 hari yakni 28 dan 29 Oktober 2021 itu diikuti Kelompok Pembudidaya Ikan Tarik Mantah dan TP PKK Desa Binawara.

Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu memahami cara pengolahan dan pentingnya ekstrak ikan gabus.

Narasumber pelatihan yang dihadirkan adalah Ir. Jamal Basmal, M.Sc, Peneliti Utama (IV/E) dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jakarta.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan demo pengolahan di hadapan peserta.

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada masyarakat terkait pengolahan ikan gabus.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Yulian, masyarakat memiliki keterampilan dalam pengolahan ikan gabus atau haruan menjadi olahan yang bernilai ekonomis dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta dapat menjadi salah satu penyumbang untuk Pendapatan Asli Desa.

Seperti diketahui, manfaat mengkonsumsi ikan gabus dan produk olahannya sangat banyak, diantaranya bisa meningkatkan imunitas tubuh melawan penyakit, termasuk di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu juga ikan gabus mampu mengatasi masalah gizi buruk pada anak, dengan rekomendasi konsumsi ekstrak albumin atau minyak ikan.

Kandungan pada ektrak gabus juga diyakini bagus dikonsumsi ibu hamil dan menyusui untuk menjaga kesehatan, termasuk memberikan manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pasien pasca operasi. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Aktifkan Kembali Acara Lailatul Jumat

Tanah Bumbu

Dinsos Tanah Bumbu Buka Pendaftaran Pelatihan Barakat Cangkal Bacari

Tanah Bumbu

Kembali Meraih Juara Lomba Masakan Bergizi, Ketua PKK Kecamatan Sebut Pentingnya Kerjasama Tim

kec. simpang empat

Kecamatan Simpang Empat Laksanakan Program Gerakan Jumat Subuh

Dinas Lingkungan Hidup

Expo Mappanre Ri Tasi’e, DLH Tanbu Gelar Podcast Lingkungan Berhadiah Voucher

Tanah Bumbu

Disdikbud Tanbu Upayakan Monitoring Evaluasi PTMT Setiap Minggu

Tanah Bumbu

Dua THM Diberikan Teguran Oleh Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

RIK Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Desa Selaselilau

You cannot copy content of this page