Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / DPMD

Senin, 13 Juni 2022 - 10:12 WIB

Dinas PMD Tanbu Konfirmasi Tertundanya Pilkades Serentak Tahun Ini

Terkait Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilihan Kepala Desa Pasal 71 Ayat 1 menyatakan pemilihan kepala desa dapat diundur apabila dalam keadaan mendesak untuk kepentingan masyarakat. Dalam Hal ini ketersediaan anggaran tidak mendukung Pilkades 2022 serentak. (Foto blitarkab.go.id)

Terkait Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilihan Kepala Desa Pasal 71 Ayat 1 menyatakan pemilihan kepala desa dapat diundur apabila dalam keadaan mendesak untuk kepentingan masyarakat. Dalam Hal ini ketersediaan anggaran tidak mendukung Pilkades 2022 serentak. (Foto blitarkab.go.id)

BATULICIN, RSB – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tanah Bumbu yang rencananya digelar pada November tahun ini, ditunda tahun depan. 

Ketika dikonfirmasi Kru RSB pada Jumat (10/6/2022), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu Samsir, membenarkan adanya penundaan pemilihan kepala desa serentak tahun ini.

Mengacu pada regulasi Undang Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa serta amanat dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia menyatakan bahwa pemerintah dalam hal pilkades apabila ingin melaksanakan pemilihan kepala desa tidak bergelombang. Yang diharapkan oleh amanat Undang Undang adalah pemilihan pilkades dilaksanakan dengan cara serentak.

Di tahun 2022 sekitar 54 desa dan tahun 2023 ada 49 desa totalnya semuanya 103 desa. Sehingga sasaran pemerintah daerah untuk tahun 2023 serentak di 103 desa. 

Terkait Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilihan Kepala Desa Pasal 71 Ayat 1 menyatakan pemilihan kepala desa dapat diundur apabila dalam keadaan mendesak untuk kepentingan masyarakat, seperti pemilihan umum bencana alam, bencana non alam, terganggunya keamanan jalannya pemerintahan, pengelompokan jabatan kepala desa dan keterbatasan anggaran.

Terkait hal ini, Samsir mengungkapkan saat ini yang terjadi penundaan pilkades serentak di tahun 2022  karena terkendala dengan defisit anggaran. 

Sehingga dengan demikian, maka melalui Peraturan Daerah, Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar mengeluarkan surat keputusan bahwa  pelaksanaan pemilihan kepala desa dengan 54 desa ditunda tahun depan. (Scl/Zhd/RSB)

 

Reporter         : Chika Lhutfiah

Editor              : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

Harjad

DPMD

Rayakan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu, Pemenang Lomba Diberikan Penghargaan
PMD

DPMD

Lomba Desa Posyandu Tingkat Kabupaten, Dinas PMD Kunjungi Desa Sungai Dua
Dpmd

DPMD

Dinas PMD Tanbu Upayakan Penataan RT di Desa
Dpmd

DPMD

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dinas PMD Tanbu Ikuti Upacara Secara Virtual

DPMD

Tingkatkan SDM Desa, Pemda Tanah Bumbu Sekolahkan 130 Perangkat Desa 

DPMD

Jadi Narsum Dadakan, Plt Kadis PMD Tegaskan Kesiapan Jalankan Instruksi Bupati
DPMD

DPMD

Dinas PMD Tanbu Telah Lakukan Pembinaan di Kelurahan Kota Pagatan

DPMD

Bupati Tanbu Berikan Kewenangan kepada Kecamatan dalam Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa

You cannot copy content of this page