Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Penilaian Geospasial Banua Award di Banjarbaru Hadiri Pertemuan Rutin PKK, Camat Kusan Hilir Amirullah : Perempuan Sebagia Penggerak Pembangunan

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 8 Maret 2024 - 07:44 WIB

Dinas PUPR Tanah Bumbu Bangun Embung Penuhi Ketersediaan Air PDAM

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, membangun embung berkapasitas 60 ribu meter kubik di Kecamatan Kusan Tengah, guna memenuhi ketersediaan air bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bersujud.

“Embung tersebut juga akan difungsikan untuk memenuhi ketersediaan air di lahan pertanian yang ada di Kecamatan Batulicin dan Kusan Tengah,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Tanah Bumbu M. Hairil Bakri, Kamis ( 7/3/2024 ).

Hairil mengungkapkan, luas lahan pembangunan embung mencapai 15 hektare dengan anggaran pembangunan mencapai Rp19 Miliar yang bersumber dari APBD Tanah Bumbu

Dia mengatakan realisasi pengerjaan menggunakan sistem “multiyears” atau tahun jamak dengan target pembangunan embung pada akhir 2024.

Diketahui, pembangunan embung memasuki tahap pengerjaan penggalian pada 2023 dan tahap pembangunan konstruksi “spill way”, serta galian lanjutan selama 2024.

“Tahap pertama akan difungsikan untuk ke pertanian. Dan saat ini juga memasuki tahap normalisasi aliran untuk ke persawahan,” jelas Hairil seperti yang dikutip aktualkalsel.com dari Antara.

Hairil menyebutkan embung tersebut mampu mengalirkan air bagi lahan sawah seluas 1.000 hektare dan 240 hektare yang sudah fungsional atau digarap petani.

“Kami terus berupaya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk memacu pertumbuhan ekonomi di Bumi Bersujud salah satunya dengan membangun embung untuk memenuhi ketersediaan air persawahan dan PDAM,” ungkap Hairil.

 

Sumber : Antara
Editor : Desy Asran

Share :

Baca Juga

Perikanan

Dinas Perikanan Didukung 25 Tenaga Penyuluh

Tanah Bumbu

Ustadz Hidayatullah Sampaikan 7 Kemulian Bertaqwa Kepada Allah SWT

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Silaturahmi dengan 171 Kepala Desa se-Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Berkunjung ke Radio Abdi Persada FM, Anisyah, MS : Dewan Pengawas Rajin Ngantor

Tanah Bumbu

Kadis Perkimtan Ansyari Firdaus Kunjungi Tiga Desa Binaan SDSM

Tanah Bumbu

Berlansung Virtual, Bupati Zairullah Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021

Bapenda

Momen HUT Tanbu Mendatang, Bapenda Akan Berikan Diskon Piutang PBB

Tanah Bumbu

Realisasi Investasi di Tanah Bumbu 2023 Melebihi Target

You cannot copy content of this page