Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 30 Maret 2023 - 10:19 WIB

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu Emban Empat Tugas Pokok

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Kepala Satuan Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Bumbu Anwar Salujang melalui Sekretaris Arif Rahman Hakim jelaskan empat tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dinas.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri Talk show di Radio Swara Bersujud, Senin (27/3/2023).

Tupoksi tersebut diantaranya penyelenggaraan keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat serta menangani masalah kebakaran di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu

Arif menambahkan tugas pokok dan fungsi dari Dinas Satpol PP dan Damkar menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yang bersifat sosialisasi.

Hal tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mana di dalam undang-undang pemerintahan daerah itu juga sudah disebutkan di dalam pasal 238, 255 sampai 257 soal penjelaskan tentang Satpol PP.

Pada pasal tersebut menyebutkan bahwa Satpol PP adalah perangkat daerah yang dibentuk untuk melakukan tugas penegakan peraturan daerah dan Peraturan Kepala daerah, kemudian penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, serta penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

Sementara itu, di Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Satpol PP telah merger dengan Pemadam Kebakaran (Damkar), oleh sebab itu nomenklaturnya yakni Dinas Satpol PP dan Damkar.

Dengan adanya Damkar, tugas pokok dan fungsi dari dinas tersebut juga bertambah, yakni untuk melayani masyarakat dalam hal penanganan bencana kebakaran dan non kebakaran.

 

Penulis : Fitriana Rahma

Editor   : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Ustadz Hidayatullah : Anak Dikatakan Beriman Bila Mereka Berbuat Baik dengan Orang Tua

Tanah Bumbu

Inovasi Baru, Masak Menu Balita Serba Ikan dengan Manfaatkan Kulit Semangka

Dinas Sosial

Dinsos Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Bantuan Sosial RS-RTLH

Tanah Bumbu

Disdik Tanah Bumbu Permudah Tenaga Pendidik Memberi Masukan dan Saran melalui Dewan Pendidikan
Dispersip

Dispersip

Sambut HUT ke-19 Tanah Bumbu, Dispersip Gelar Final Lomba Baca Puisi

Tanah Bumbu

RIK dan Radio Swara Bersujud Jalin Kerjasama Publikasi
PGRI

Informasi

Ketua PGRI Tanah Bumbu Harapkan Semua Guru Manfaatkan Keberadaan Organisasi PGRI

DPRD

Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu Penandatanganan Perubahan Anggaran 2023 Ditunda

You cannot copy content of this page