Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 23 September 2021 - 07:38 WIB

Disdikbud Dukung Penuh Keberadaan Gedung Kesenian di Tanah Bumbu

BATULICIN, RSB – Guna memastikan terakomodirnya fasilitas pendukung kemajuan sektor budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) intens melakukan pantauan ke beberapa desa yang memiliki gedung kesenian.

Dari monitoring tersebut, tercatat beberapa desa memiliki gedung kesenian, karena mereka memiliki anggaran tersendiri dalam melakukan pembangunannya terutama di desa-desa yang memiliki kelompok seni.

Ketika dijumpai Kru RSB di kantornya baru-baru tadi, Kepala Disdikbud Tanah Bumbu melalui Kasi Sarana Prasarana Kebudayaan, Akhmad Kusasi mengatakan, setiap tahun pihak dinas memberikan bantuan berupa alat kesenian dan bantuan sarana prasarana kepada kelompok seni.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut dijelaskan Kusasi, pihak kelompok seni harus mengirimkan proposal ke Disdikbud terlebih dulu untuk bisa ditindaklanjuti.

Dengan persyaratan memiliki akta notaris, NPWP, rekening kelompok seni, memiliki dokumentasi kegiatan, sekretariat dan papan namanya.

Untuk 2021 sudah dimulai dari Kecamatan Karang Bintang.

Ditambahkannya, untuk perkembangan seni di Tanah Bumbu terus berjalan, walaupun tidak ada pagelaran secara besar-besaran dan tidak diekspose secara langsung dikarenakan Covid-19, kelompok seni tersebut masih sering tampil dalam berbagai acara baik acara pernikahan dan acara lainnya yang tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan.

Selain itu disebutkan Kusasi, bahwa Disdikbud juga sering melakukan pagelaran walaupun hanya melalui aplikasi YouTube dengan nama akun ‘Kebudayaan Tanah Bumbu’.

Ia berharap kedepannya program dinas bersama desa berupa 1 Desa 1 Gedung Kesenian dapat terealisasi secara menyeluruh.

Serta tak lupa juga akan kembali diusulkan yakni setiap kecamatan memiliki 1 gedung kesenian.

Menurutnya, suatu kegiatan yang perencanaannya sudah ada, hal ini perlu direalisasikan dengan fisiknya, sehingga ia berharap pemerintah daerah bisa mengakomodir apapun yang sudah menjadi perencanaan tersebut.

Selanjutnya Disdikbud Tanah Bumbu menghimbau kepada warga masyarakat yang memang memiliki kelompok seni dan telah memiliki akta notaris dan sudah tercatat di Kesbangpol diharapkan bisa mengajukan permohonan melalui proposal kepada dinas untuk ditindaklanjuti agar bisa mendapatkan bantuan berupa alat kesenian atau sarana dan prasarana lainnya. (Als/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Informasi

Pemkab Tanah Bumbu dan Pengadilan Negeri Batulicin Tandatangani Dua Buah MOU

Tanah Bumbu

Empat Pilar Harus Dipegang Dalam Pemanfaatan APBD Tanah Bumbu 2023
Perikanan

Perikanan

Pembudidayaan Ikan di Tanah Bumbu Bekerjasama Dengan Balai Riset Kementerian Kelautan

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu, KPU, dan Bawaslu Siap Sukseskan Pemilu 2024

Tanah Bumbu

SMAN 1 Angsana Gelar Workshop Implementasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah

Tanah Bumbu

Bersinergi, Disporpar dan Arutmin Gandeng PPI Tanbu Laksanakan Grand Final Lomba Berbaris

Sekda

Sekda Ambo Sakka Lantik 11 Anggota IKMA TanbuĀ 

Tanah Bumbu

Dinas P3AP2KB Tanah Bumbu Laksanakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

You cannot copy content of this page