Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Pendidikan / Tanah Bumbu

Rabu, 4 Agustus 2021 - 08:58 WIB

Disdikbud Tanbu Susun Strategi Simulasi Untuk Wacana PTM Terbatas

BATULICIN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Bumbu menyusun strategi simulasi untuk wacana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu, Eka Safrudin melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Akhmad Faizin kepada Kru RSB yang melakukan kunjungan ke kantornya baru-baru tadi.

Terkini, Disdikbud Tanah Bumbu telah melakukan koordinasi kepada setiap kepala sekolah terkait penundaan PTM yang mana nantinya akan membentuk suatu strategi PTM terbatas dengan melakukan simulasi terlebih dahulu.

Ia mengungkapkan, wacana tersebut harus didasari dengan simulasi sebelum pemberlakuan PTM terbatas. Dimana pelaksanaan simulasi tersebut dilakukan oleh guru pengajar dan siswa.

Hal yang perlu diperhatikan dalam simulasi yaitu terkait jumlah siswa di sekolah dan berapa persen yang akan turun, serta berapa lama kegiatan pembelajaran dilakukan. Dan juga guru pengajar dan siswa berasal dari wilayah mana saja.

Menurutnya, langkah ini sangat mempertimbangkan zona suatu wilayah, karena guru-guru dengan wilayah tertentu secara professional jajaran manajemen dapat mempertimbangkan layak atau tidaknya sekolah melakukan PTM berdasarkan mobilitas, kondisi lingkungan dan dari berbagai aspek lainnya.

Simulasi akan dilakukan dari rumah, karena tidak menutup kemungkinan siswa akan terinfeksi Covid-19 di jalan, bisa jadi karena naik angkutan umum yang berdesakan, kemudian simulasi ketika sampai di depan gerbang sekolah dan pada saat pembelajaran dilakukan.

Hasil dari simulasi tersebut akan dideskripsikan oleh guru sebagai bahan pertimbangan layak atau tidaknya sekolah melakukan PTM terbatas. Deskripsi tersebut terkait proses pelaksanaan simulasi dari perjalanan, didepan gerbang dan saat pembelajaran.

Menutup perbincangan, ia mengajak seluruh masyarakat untuk taat pada aturan pemerintah serta berdoa dan bersabar untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan pemerintah, walaupun secara personal ada beberapa yang merasa berat dan terganggu.

Namun ditegaskan Faizin, saat ini merupakan sebuah masalah universal yang berarti sebuah sistemik yang menyeluruh sehingga penanganannya pun perlu dilakukan secara sistematik. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

litbang

Bappedalitbang

Jadi Narasumber Talkshow RSB, Bappeda Litbang Paparkan Tupoksi Terkait Dokumen Perencanaan Pembangunan

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Tetapkan SDSM Pelajaran Ektrakurikuler

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Terima Bantuan Souvenir dari PT ABC untuk Hari Jadi Tanah Bumbu ke-20

Tanah Bumbu

Tiga Buah Raperda Tahun 2022 Telah Disetujui dalam Rapat Paripurna

Tanah Bumbu

Perjuangkan Bendungan Kusan, Bupati Zairullah Kunker ke Bappenas RI

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Tinjau Korban Banjir di Kecamatan Satui

Tanah Bumbu

Duet Dinas Perkimtan – PUPR Tanah Bumbu, Dalam Menata Kota Menuju Serambi Madinah

Tanah Bumbu

Pelaku UMKM Tanah Bumbu Antusias Berbelanja di Pasar Rakyat

You cannot copy content of this page