Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Covid-19 / Disdikbud / Kesehatan / Pendidikan / Tanah Bumbu

Senin, 9 Agustus 2021 - 09:21 WIB

Disdikbud Terapkan Penyesuaian Pembelajaran Terkait Masa Pandemi Covid-19

BATULICIN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Bumbu menerapkan penyesuaian pembelajaran terkait masa pandemi Covid-19  berdasarkan kondisi perkembangan dan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu, Eka Safrudin melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Akhmad Faizin kepada Kru RSB bebera hari kemarin mengungkapkan, sejak awal Covid-19 dilakukan penyesuaian pembelajaran kebijakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2020.

Kemudian pada tanggal 20 November 2020, dikeluarkan surat edaran dari Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Menyelenggarakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Dalam waktu yang sama, juga dikeluarkan surat keputusan bersama 4 menteri yakni tanggal 20 November 2020 terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 yang menyimpulkan 3 hal pokok.

Ia menjelaskan hal pokok tersebut adalah pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran melalui online atau dalam jaringan (daring), kemudian luar jaringan (luring) dan pembelajaran secara offline melalui guru kunjung.

Hal itu didukung oleh upaya untuk melancarkan pembelajaran seperti memberikan kuota bagi yang mempunyai hp dan upaya lainnya melalui guru kunjung yang tidak memungkinkan turun ke sekolah dan tidak bisa pula secara daring karena keterbatasan sarana prasarana.

Selama pandemi, dijelaskan Faizin, Pemkab Tanah Bumbu sudah beberapa kali menindaklanjuti Covid-19 yakni mengeluarkan surat Edaran Bupati pada tanggal 2 Juni 2021 tentang penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) dimasa pandemi Covid-19.

Saat itu dilakukan antisipasi ujian, dengan ketentuan jumlah siswa yang berhadir maksimal 50 persen dari jumlah normal yakni tingkat sd yang jumlah normal nya 24 siswa menjadi 12 siswa dan tingkat smp dari 32 siswa menjadi 16 siswa.

Maksimal tatap muka selama 4 jam, namun semakin lama, trend Covid-19 semakin meningkat, sehingga pada awal tahun pembelajaran tahun 2021/2022 yang seharusnya dimulai pada awal Juli, namun melihat peningkatan nya berdasarkan zona suatu wilayah, dengan cepat Bupati Tanah Bumbu mengeluarkan surat edaran tentang Penundaan PTM hingga waktu yang belum ditentukan. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Program YESS Sungai Loban Akan Bentuk Kampung Sayur

Religi

Ustadz Hidayatullah Ajak Jemaah Maknai Hari Arba Mustamir

Informasi

Perbup Gas Elpiji 3 Kg Masih Dalam Proses Untuk Disosialisasikan

Tanah Bumbu

Yayasan ABI Tanbu Laksanakan Program Khitan Gratis Bagi Anak Yatim dan Dhuafa.

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Hadiri Peringatan Hari Ibu ke-95

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Gelar Jambore Posyandu Ajang Apresiasi Para Kader

DPRD

DPRD Sampaikan Pemandangan Umum Fraksi Terhadap RPJPD Tahun 2025-2045

Tanah Bumbu

Radio Swara Bersujud Hadirkan Inspirasi Petani Millenial Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page