Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Jumat, 24 Desember 2021 - 09:14 WIB

Disdukpencapil Jelaskan Lima Elemen Data yang Tidak Boleh Dibagikan ke Orang Lain

BATULICIN, RSB – Sebagai upaya melindungi data pribadi agar tertutup dengan aman sehingga mengurangi terjadinya tindakan kriminal. Disdukpencapil menyebutkan lima elemen data yang tidak boleh dibagikan ke orang lain yakni iris mata, sidik jari, tanda tangan, pas foto, dan nama ibu.

Hal itu dijelaskan Plt Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariayadi pada program Disdukpencapil Menyapa Masyarakat (DMM) yang digelar secara online melalui zoom meeting, beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut diuraikan Gento, sebenarnya elemen data ini dapat diberikan oleh pemohon namun dengan tujuan khusus dan yang mengajukan permohonan permintaan data adalah lembaga tertentu, seperti Badan Inteligen Negara yang akan digunakan untuk mencari buronan.

Kemudian, pihak kepolisian untuk mencari seseorang yang dianggap melakukan kriminal. Tetapi permohonan data ini juga harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari kementerian dalam negeri, dan data akan diberikan setelah ada bukti izin yang dibawa ke Disdukpencapil.

Selain itu, di desa- desa juga sering ada permohonan data untuk mengupdate data pribadi seseorang. Pihak desa biasanya memberikan permohonan data kepada Disdukpencapil hanya melalui nama lengkap, alamat dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sebenarnya, pihak desa yang ingin melakukan pemutakhiran data bisa melalui aplikasi prodeskel saja. Jika update data ini dilakukan secara berkelanjutan, maka data itu akan update dengan sendirinya dan pihak Disdukpencapil akan mengeceknya berdasarkan data lahir, mati, pindah dan datang. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Permudah Layanan Masyarakat, Disdukpencapil Tanah Bumbu MoU Pemanfaatan Data Kependudukan

Tanah Bumbu

LKSA Gelar Bimbingan Teknis Pelayanan Sosial Bagi Anak dengan Fokus Pemahaman Agama
Harjad

DLH

Desa Banjarsari Kecamatan Angsana Sabet Juara Pertama Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Tanah Bumbu

Hari Kedua, Bupati Abah Zairullah Kembali Kunjungi Enam Kecamatan
DKUMP2

DKUMP2

Dorong Tumbuhnya IKM, DKUMP2 Tanbu Berikan Pelatihan Sasirangan

Tanah Bumbu

Ketua Dekranasda Tutup Pelatihan Tenun Bagi Remaja

Pendidikan

Disdikbud Tanbu Bentuk Pengurus Baru Dewan Kesenian

Tanah Bumbu

Cegah Penyalahgunaan Narkotika, Kecamatan Karang Bintang Sosialisasikan P4GN

You cannot copy content of this page