DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / DLH / Kebersihan / Tanah Bumbu

Selasa, 8 Februari 2022 - 09:45 WIB

DLH Akan Tambah TPS-3R di Kawasan Banyak Sampah

BATULICIN, RSB – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu menyebutkan, saat ini sudah terdapat tujuh Tempat Pengelolaan Sampah – Reuse, Reduce, Recycle (TPS-3R).

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan sampah yang baik, efisien dan ramah lingkungan di Bumi Bersujud, DLH akan menambahkan lagi TPS-3R di kawasan yang menimbulkan sampah dalam jumlah banyak.

Keberadaan TPS-3R berfungsi sebagai tempat pengumpulan sampah yang sudah dikumpulkan dan oleh petugas akan dipilah untuk dikelola kembali di tempat pengelolaan sampah pada masing- masing wilayah sehingga dapat membantu proses penguraian sampah.

Ketika dikonfirmasi Kru RSB baru-baru tadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti mengatakan, bahwa dalam satu kecamatan dapat dibangunkan lebih dari satu TPS-3R pada tiap kecamatan, tergantung dari timbulan sampah dan ketersediaan lahan.

Disebutkannya, salah satu daerah penghasil sampah dalam jumlah terbanyak yakni di Kecamatan Batulicin, sehingga DLH akan berusaha membangunkan TPS-3R di daerah Kelurahan Batulicin dan kini masih dalam tahap pengajuan.

Adapun TPS-3R yang sudah terbangun antara lain TPS-3R Mutiara Bersujud berdiri di Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban, di Kecamatan Batulicin Desa Kersik Putih sudah dibangunkan TPS-3R Bersahaja dan sudah beroperasi.

Di Kecamatan Simpang Empat ini sudah berdiri TPS-3R Bina Banua tepatnya di Desa Barokah dan di Kecamatan Angsana tepatnya di Desa Karang Indah berdiri TPS-3R Karya Bersama.

Selanjutnya di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat juga terdapat TPS-3R Mapesa, Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Tengah ada TPS-3R Ar-Rahmah, dan Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir telah berdiri TPS-3R Sirenreng.

Dengan adanya TPS-3R di tiap daerah ini, diharapkan pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu dapat teratasi dengan baik sehingga mewujudkan lingkungan yang bersih dan aman. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Peringati Maulid Nabi, Ustadz Amri Ajak Masyarakat Teladani Kisah Uwais Al Qarni

Informasi

Tingkatkan Kualitas Perekonomian, Dinas PMD Dukung Penuh BUMDes

Tanah Bumbu

Kepala Cabang Sucofindo Batulicin Eko Supriana Ingatkan Wajib Sertifikasi Halal pada 17 Oktober 2024

Tanah Bumbu

ingkatkan Usaha Petani Milenial, YESS Gelar Pelatihan Proposal Bisnis

Tanah Bumbu

Abah Zairullah: Ingin Renovasi Pasar Pagatan dan Konsisten Bangun Wisata

Tanah Bumbu

Diskominfo SP Tanah Bumbu Hadirkan Narsum Ketua PWI Kalsel dan JMSI Kalsel untuk KIM

Sekda

Hadiri HUT IBI, Sekda Sebut Profesi Bidan Sangat Mulia

Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanah Bumbu H. Upi Meninggal Dunia

You cannot copy content of this page