Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Budaya / Ramadhan2022 / Religi

Rabu, 20 April 2022 - 10:30 WIB

Festival Tanglong Tahun Ini Dibagi Dua Kategori

Festival Tanglong event tahunan dalam menyambut Hari Raya idul Fitri.

Festival Tanglong event tahunan dalam menyambut Hari Raya idul Fitri.

BATULICIN, RSB – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kembali akan menggelar Festival Tanglong setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19.

Pelaksanaan Festival Tanglong ini sendiri bertujuan untuk menyemarakkan Kabupaten Tanah Bumbu dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri serta penutupan bulan Ramadhan.

Baca juga Ustadz Hidayatullah Sampaikan Makna Malam 17 Bulan Ramadhan Sebagai Malam Diturunkan Al Quran

Kegiatan ini akan digelar semalam sebelum Hari Raya Idul Fitri dengan peserta yang mengikuti wajib mengumandangkan takbir selama berjalannya pawai.

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Tanah Bumbu sekaligus koordinator panitia pelaksana H. Akhmad Rozain saat dikonfirmasi Kru RSB pada Senin (18/4/2022) mengatakan, dalam pelaksanaan festival ini akan dikemas menjadi dua kategori yakni kategori Umum-SKPD dan Umum.

Tanglong

Kegiatan ini akan digelar semalam sebelum Hari Raya Idul Fitri dengan peserta yang mengikuti wajib mengumandangkan takbir selama berjalannya pawai. ( Foto: kalteng.kemenag.go.id )

Untuk katogori Umum-SKPD menggunakan mobil roda empat, sedangkan kategori umum berjalan kaki.

Kategori Umum-SKPD ini akan diikuti oleh ormas, masjid, mushola dan majelis taklim dan seluruh SKPD di lingkup pemkab Tanah Bumbu yang akan dilaksanakan di Kecamatan Simpang Empat.

Sedangkan kategori umum dengan berjalan kaki ini akan diikuti oleh masyarakat desa yang berada di wilayah Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, karena pelaksanaan kegiatannya di wilayah tersebut.

Pada kategori Umum-SKPD, Festival Tanglong tahun ini akan dimulai dari Masjid Al Falah di Desa Gunung Antasari Kecamatan Simpang Empat yang mana juga menjadi tempat garis finish pawai.

Lebih lanjut Rozain juga menyampaikan, bahwa dalam satu grup yang mengikuti Festival Tanglong ini hanya boleh menampilkan satu buah karya dengan ketentuan kendaraan beroda empat, kecuali truk tidak masuk dalam syarat.

Kemudian orang yang mengumandangkan suara takbir di dalam mobil tersebut juga harus merupakan anggota dari tim itu sendiri, tidak boleh menggunakan rekaman suara atau menggunakan suara orang lain.

Berbeda kemasan dengan Festival Tanglong yang akan dilaksanakan di Pagatan, nanti seluruh peserta yang mengikuti pawai Tanglong dengan berjalan kaki sambil membawa atau mendorong hasil karyanya sesuai dengan kreativitas masing-masing kelompok untuk berkeliling. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Religi

Ustadz Abdurrahman Ajak Masyarakat Amalkan Laa Ilahaa Illallah
Bupati

Informasi

Safari Ramadhan Perdana, Bupati Abah Zairullah Kunjungi Masjid Al-Husein
Pesta Pantai

Budaya

Puncak Mappanre Ri Tasi E, Bupati Tanah Bumbu Berdoa di Tengah Laut Didampingi Puluhan Kapal
Harjad

HUT Tanbu 19

Bertepatan HUT ke-19 Tanah Bumbu, Ketua MUI Sampaikan Tausiah Filosofi Angka 19
Bupati

PUPR

Abah Zairullah Perintahkan Kadis PUPR Perbaiki Jalan Longsor di Desa Manuntung
Haul

Religi

Bupati Abah Zairullah Hadiri Haul Pangeran Syarif Ali Al Aydrus ke-20
Fildan

Budaya

Pedangdut Fildan D’Academy Tampil Memukau di Pantai Pagatan
Dishub

Dishub

Antisipasi dan Minimalisir Kemacetan Saat Puncak Mappanre Ri Tasi E, Dishub Tanbu Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Pagatan

You cannot copy content of this page