DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Rabu, 13 Oktober 2021 - 10:15 WIB

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Warga Kampung Patin Olah Produk Sendiri

BATULICIN, RSB – Program Dinas Perikanan dalam Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Warga Kampung Patin yakni pelaku UMKM mengolah produk sendiri berbahan baku ikan patin, yakni berupa produk untuk cemilan maupun untuk makanan utama.

Di tengah lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021, Kasi Sarana Prasarana Budi Daya Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Mansur menyampaikan, bahwa sebutan Kampung Patin merupakan sebuah desa yang memiliki potensi ikan patin yang tinggi, berada di Desa Sungai Dua, Cikdam.

Ia menyampaikan, hal ini bertujuan agar yang tidak suka makan ikan tetap mendapatkan asupan nutrisi dari bahan baku ikan, yakni mendapatkan protein ikan. Sehingga dibuat produk olahan sesuai selera, bahkan dibuat produk ikan patin berupa kue.

Contohnya orang yang tidak suka makan ikan dibuatkan sambal ikan patin yang bisa dikonsumsi dengan ayam dan bagi anak-anak maupun orang tua juga dibuatkan kue brownis patin dan berbagai jenis produk lainnya yang berbahan baku ikan patin.

Sementara itu, pelaku UMKM di Wilayah Kampung Patin, Aloh mengatakan, bahwa produk tersebut merupakan buatan sendiri yang pada umumnya terdiri atas bahan ikan patin sebanyak 60 persen.

Ia mengaku, dengan adanya pembinaan dari Dinas Perikanan dan Program Memasyarakatkan Makan Ikan, sangat bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian keluarga, hingga baru-baru ini sempat terjadi kelangkaan ikan patin karena meningkatnya produksi dan pembeli ikan patin karena semakin di kenal. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Sekda

Sekda Tanbu Serahkan Bantuan kepada KUB Nelayan dan Hadiah Bagi Pelajar

Tanah Bumbu

Rozain : Desa Sungai Dua Ditetapkan Sebagai Kampung Perikanan Cerdas

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Berbagi Rejeki dengan Penyapu Jalan

Bupati Tanah Bumbu

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat
KP2S

DP3AP2KB

Pertemuan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kembali Digelar

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Silaturahmi dengan 171 Kepala Desa se-Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Usai Dilantik, Kades Wiritasi Abdul Razak Lanjutkan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Tanah Bumbu

Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Lalin Melalui Operasi Kepolisian Keselamatan Intan 2023

You cannot copy content of this page