Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / DKPP

Selasa, 28 Juni 2022 - 10:27 WIB

H. Hairuddin : Jika Mau Berkurban, Pastikan Hewannya Sudah Dapat Label Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di antaranya matanya tidak buta, telinganya tidak terpotong, kakinya tidak pincang, tanduknya sempurna, tidak sakit, ekornya tidak terpotong tidak terlalu kurus dan tidak berkudis, serta umurnya di atas dua tahun.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di antaranya matanya tidak buta, telinganya tidak terpotong, kakinya tidak pincang, tanduknya sempurna, tidak sakit, ekornya tidak terpotong tidak terlalu kurus dan tidak berkudis, serta umurnya di atas dua tahun.

BATULICIN, RSB – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu H. Hairuddin menghimbau masyarakat yang ingin berkurban untuk membeli hewan yang telah mendapatkan label kesehatan dari Dinas KPP. Hal itu disampaikannya kepada Kru RSB ketika dikunjungi di Kantornya belum lama ini. 

Menjelang Hari Raya Idul Adha, untuk memastikan kesehatan hewan kurban, Dinas KPP akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan selama 14 ( Empat Belas ) hari sebelum hari H secara rutin terhadap 1.603 ( Seribu Enam Ratus Tiga ) ketersediaan hewan kurban di Tanah Bumbu.

Baca juga Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas KPP Siapkan 1.603 Ekor Hewan Kurban

Tim Kesehatan Dinas KPP Tanah Bumbu drh. Budi Pahalawani mengatakan, hewan kurban yang sudah dianggap sehat dan layak untuk dikurbankan akan dikalungkan label kesehatan.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di antaranya matanya tidak buta, telinganya tidak terpotong, kakinya tidak pincang, tanduknya sempurna, tidak sakit, ekornya tidak terpotong tidak terlalu kurus dan tidak berkudis, serta umurnya di atas dua tahun. 

Terhitung sejak Senin ( 27/6/2022 ) hingga Hari Raya Idul Adha mendatang, tim dari Dinas KPP berjumlah 23 orang yang tersebar di 12 Kecamatan akan turun ke setiap peternakan yang menjual hewan kurban untuk memastikan kesehatan hewan tersebut.

Selain itu drh. Budi Pahalawani juga menghimbau masyarakat untuk memperhatikan kematangan daging saat dimasak hingga suhu 100 ( Seratus ) derajat celsius agar segala bakteri yang ada pada daging mati sempurna.Jika sajian masak sate maka sebaiknya daging direbus terlebih dahulu, imbuhnya.

 

Reporter / Editor       : Desy Aulia / Admin

Share :

Baca Juga

DKPP

Dinas KPP Tanbu Targetkan Peremejaan Sawit hinga 500 hektar

DKPP

Tekan Lonjakan Inflasi di Daerah, DKPP Tanah Bumbu Lakukan Gerakan Pangan Murah

DKPP

Maksimalkan Pengelolaan Sawit, Pemkab Gelar Sosialisasi PSR

DKPP

Program PSR Tingkatkan Produksi Petani Perkebunan
dkpp

DKPP

Cegah Wabah PMK, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu Berikan Vaksinasi Hewan

DKPP

Dinas KPP Gelar Workshop Business Motivation Pathways
Anjing_Liar

DKPP

Atasi Anjing Liar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu Akan Libatkan Pencinta Hewan
KKP

DKPP

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas KPP Siapkan 1.603 Ekor Hewan Kurban

You cannot copy content of this page