Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024

Home / DKPP

Senin, 27 Juni 2022 - 09:57 WIB

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas KPP Siapkan 1.603 Ekor Hewan Kurban

1.603 ( Seribu Enam Ratus Tiga ) ekor hewan kurban tersedia menjelang Hari raya Idul Adha  1443 Hijriah.
(Foto : liputan6.com)

1.603 ( Seribu Enam Ratus Tiga ) ekor hewan kurban tersedia menjelang Hari raya Idul Adha 1443 Hijriah. (Foto : liputan6.com)

BATULICIN, RSB – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu menyebut ada sebanyak 1.603 ( Seribu Enam Ratus Tiga ) ekor ketersediaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1443 H.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu, H. Hairuddin kepada Kru RSB di kantornya,  Jumat (24/6/2022), mengatakan, dari 1.603 hewan kurban tersebut tersebar di beberapa titik penjualan  di antaranya Kersik Putih, Batulicin, Satui, Angsana, Kusan Hilir dan beberapa kecamatan lainnya. 

Dikatakan Hairuddin, ketersediaan hewan kurban harus diutamakan kesehatan dan kelayakannya. Oleh karena itu, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Baca juga Atasi Anjing Liar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu Akan Libatkan Pencinta Hewan

Pengecekan akan dilakukan secara menyeluruh terhadap hewan kurban sesuai dengan syariat islam atas kelayakan hewan kurban baik sapi maupun kambing, yakni terhadap gigi, kuku, tanduk dan kesehatan hewan tersebut. Selain itu,  salah satu syaratnya harus di atas usia dua tahun. 

Dari jumlah sapi tersebut, jelas Hairuddin, tidak hanya menyediakan hewan lokal dari Tanah Bumbu tetapi juga mendatangkan hewan dari luar daerah sebanyak 640 hewan yakni Sulawesi Selatan dan Madura.

KKP

“Semua hewan kurban akan terus diperiksa kesehatan dan kelayakannya sesuai syariat Islam” – H. Hairuddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu.

Hewan dari luar daerah tersebut terlebih dahulu dilakukan karantina selama 14 hari untuk menghindari adanya penyakit bawaan hewan dari asal daerahnya, dalam hal ini hewan yang didatangkan dari Sulawesi Selatan terlebih dahulu sebelum dikirim ke Tanah Bumbu, sudah dilakukan karantina. Sementara untuk hewan dari Madura akan dilakukan karantina ketika sudah tiba di Bumi Bersujud.

Karantina terhadap hewan kurban melibatkan kerja sama dengan pihak polres dan dinas, di mana kedatangan sapi baik melalui darat maupun laut akan dilakukan penyemprotan disinfektan ketika tiba di Tanah Bumbu

 

Reporter / Editor       : Desy Aulia / Admin

Share :

Baca Juga

DKPP

Maksimalkan Pengelolaan Sawit, Pemkab Gelar Sosialisasi PSR
Anjing_Liar

DKPP

Atasi Anjing Liar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu Akan Libatkan Pencinta Hewan

DKPP

Dinas KPP Gelar Workshop Business Motivation Pathways

DKPP

Program PSR Tingkatkan Produksi Petani Perkebunan

DKPP

Tekan Lonjakan Inflasi di Daerah, DKPP Tanah Bumbu Lakukan Gerakan Pangan Murah
DKPP

DKPP

H. Hairuddin : Jika Mau Berkurban, Pastikan Hewannya Sudah Dapat Label Kesehatan
dkpp

DKPP

Cegah Wabah PMK, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu Berikan Vaksinasi Hewan

DKPP

Dinas KPP Tanbu Targetkan Peremejaan Sawit hinga 500 hektar

You cannot copy content of this page