Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:07 WIB

Hari Donor Darah Sedunia: PMI Tanah Bumbu Berikan Aksi Nyata Membangun Kesehatan Bersama

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Ketua PMI Kabupaten Tanah Bumbu, dr. M. Yadi Mahendra Muhyin, hadir sebagai narasumber live talkshow Pagi-Pagi Sehat Radio Swara Bersujud, Jumat (14/6/2024).

Dalam penjelasannya, dr. Mahendra menyampaikan bahwa 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia untuk menghormati hari lahir penemu golongan darah, Karl Landsteiner. Sedangkan Tema tahun 2024 yang dirancang oleh WHO adalah “20 Years of Celebrating Giving: Thank You Blood Donors!”.

“Peringatan ini adalah kesempatan untuk berterima kasih kepada para pendonor darah di seluruh dunia atas sumbangan mereka yang telah menyelamatkan banyak jiwa. Dampak dari donor darah sangat besar bagi mereka yang membutuhkan,” ujar dr. Mahendra.

Ia juga menekankan manfaat mendonorkan darah, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, meningkatkan produksi darah, menstabilkan pikiran, serta menurunkan kolesterol. Bagi penerima, donor darah sangat membantu dalam pengobatan mereka.

Lebih lanjut, dr. Mahendra menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendonor darah, antara lain usia minimal 17 dan maksimal 60 tahun, berat badan minimal 48 kg, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang mengonsumsi obat, tidak menderita penyakit menular, serta bagi wanita tidak sedang menstruasi, hamil, atau menyusui. Penting juga untuk menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Sebagai rencana ke depan, PMI akan menyediakan layanan donor darah mobile bagi masyarakat. Program jemput bola ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu agar dapat mendonorkan darahnya.

“Selamat memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Saya mewakili PMI Kab. Tanah Bumbu mengucapkan terima kasih kepada para pendonor karena telah membantu sesama. Setetes darah dari kalian sangat berarti bagi penerima,” tutup dr. Mahendra dengan penuh apresiasi.

Penulis : Ferlin Amalia
Editor : Ardi Fitriansyah

Share :

Baca Juga

Banjarsari

Tanah Bumbu

Maju Tahap Lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi, Desa Banjarsari Akan Paparkan Materi Melalui Zoom

Tanah Bumbu

Wabup Tanah Bumbu Tutup MTQN XIX di karang Bintang

Tanah Bumbu

Wakili Bupati Zairullah Asisten III Andi Aminuddin Hadiri Pelantikan Panwascam

Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Terima Hibah Barang Milik Negara Senilai Hampir Rp 17 Miliar

Tanah Bumbu

Nama RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Disosialisasikan

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Kunjungi Makam Pendiri Pagatan

Tanah Bumbu

Abah Bupati Zairullah, Selalu Melowongkan Waktu untuk Olahraga

Informasi

Pemkab Tanbu Gandeng Dinkes Dalam Penerapan Prokes Saat Lailatul Jum’at

You cannot copy content of this page