Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Dinas PolPP dan Damkar / Ramadhan2022 / Tanah Bumbu

Rabu, 20 April 2022 - 10:46 WIB

Jaga Kesucian Bulan Ramadhan, Pemkab Tanbu Tegakkan Perda Nomor 27 Tahun 2005

Penegakan Perda Nomor 27 Tahun 2005 tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol di Bumi Bersujud, Pemkab Tanbu memusnahkan minuman keras.

Penegakan Perda Nomor 27 Tahun 2005 tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol di Bumi Bersujud, Pemkab Tanbu memusnahkan minuman keras.

BATULICIN, RSB – Pemkab Tanah Bumbu terus berupaya menjaga kesucian Bulan Ramadhan 1443 Hijriah dengan melakukan penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 27 Tahun 2005 tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol di Bumi Bersujud.

Penegakan Perda itu diterapkan dalam bentuk pemusnahan minuman keras (miras) yang dipimpin Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar pada Selasa (19/4/2022). Dimana dinas terkait yang memegang kendali utamanya adalah Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca juga Bupati Abah Zairullah Didampingi Sekda dan Kasatpol PP dan Damkar Lakukan Pemusnahan Miras

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu, Anwar Salujang melalui Kasubag Penyelidik, Supiansyah kepada Kru RSB usai pemusnahan miras mengungkapkan, berdasarkan hasil penertiban di lapangan, pelaku yang mengkonsumsi miras tidak hanya orang dewasa, tetapi banyak anak-anak remaja bahkan dari kalangan pelajar mulai dari usia 15 tahun.  

Oleh karena itu, pengguna miras yang terjaring akan ditindaklanjuti, bagi yang telah kecanduan biasanya akan dilakukan pembinaan oleh dinas terkait salah satunya Dinas Sosial yang terlibat menangani pengguna miras di bawah umur. 

Menurutnya, pengguna miras sangat merusak, dimana dampaknya tidak hanya pada mereka yang mengkonsumsi saja, tetapi akan merembet ke lingkungan sekitar yang bisa saja menyebabkan perkelahian serta meresahkan masyarakat.

Satpol PP

“Pengguna miras sangat merusak, dimana dampaknya tidak hanya pada mereka yang mengkonsumsi saja, tetapi akan merembet ke lingkungan sekitar yang bisa saja menyebabkan perkelahian serta meresahkan masyarakat.” – Supiansyah, Kasubag Penyelidik Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu.

Oleh karena itu, ia berkomitmen penuh untuk terus menegakkan Perda Nomor 27 Tahun 2005 dengan melakukan penyisiran di lapangan serta merespon cepat laporan masyarakat terkait miras.

Menutup wawancara, mewakili Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga anak-anak agar tidak terjerumus mengonsumsi miras.

Adapun, penegakan Perda yang dilakukan Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu juga diimplementasikan dengan cara Inspeksi Mendadak (Sidak) beberapa hari kemarin yang melibatkan Detasemen Polisi Militer (Denpom) Batulicin di wilayah Kecamatan Satui. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

BPBD

Cegah Bencana Banjir BPBD Tanbu Himbau Masyarakat Perkotaan

Tanah Bumbu

Hernadi Wibisono : Saya Ingin Wujudkan Visi dan Misi Bupati Abah Zairullah

Tanah Bumbu

Gento : Sehari 200-300 Dokumen Dari Desa Mengalir ke Disdukcapil

Tanah Bumbu

Deteksi Dini Konflik di Masyarakat, Kesbangpol Gelar Pembinaan FKDM Tingkat Kecamatan Sungai Loban

Religi

Ustadz Abdurrahman Ajak Jamaah Maknai Setiap Peristiwa Hidup

Tanah Bumbu

Diskumdagri Tanah Bumbu Pantau Harga Bahan Pokok Pasca Tahun Baru

Tanah Bumbu

Gerakan Mencuci Kaki Ibu Jangan Dilakukan Pada Ramadhan Saja

Kesbangpol

Kesbangpol Tanah Bumbu Siap Tampung Pengaduan Kasus Narkoba Secara Online

You cannot copy content of this page