DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:04 WIB

Jumlah DBD Terus Meningkat, Bulan Februari Ada 116 Kasus

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Wenti Setia Anggraini bahwa saat ini untuk kasus DBD di bulan Desember 2023 ada 20 kasus, Januari 2024 ada 70 kasus, dan Februari 2024 ada 116 kasus.

Ketika dikonfirmasi Rabu (28/2/2024), disampaikan beberapa kegiatan telah dilakukan oleh pihaknya dalam upaya pencegahan untuk menekan angka kasus DBD ini.

Seperti belum lama tadi, seperti dikutip dari Bpost, menyampaikan adanya laporan masyarakat bahwa kasus DBD di desa barokah RT 6 membuat Dinas Kesehatan melakukan penyelidikan kasus DBD, dari hasilnya ditemukan ada dua orang yang positif DBD.

Petugas juga mengunjungi keluarga penderita untuk wawancara tentang kronologi penyakit, kemudian survei jentik mulai dari rumah penderita sampai radius 100 meter dari rumah penderita, kemudian melakukan koordinasi dan advokasi ke kepala desa tentang kegiatan penanggulangan penyakit DBD.

Dari hasil penyelidikan kasus DBD tersebut menghasilkan 29 rumah yang di survei terdapat 17 rumah yang ada jentik baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Selain itu tidak ditemukan warga yang lain sakit demam atau kasus DBD lainya.

Ditambahkan dia, selain di RT 6, petugas juga melakukan penyelidikan DBD di Sekolahan MTs Syarif Abbas karena penderita DBD tersebut merupakan murid sekolah tersebut.

Selanjutnya hasil penyelidikan di koordinasikan dengan kepala Desa Barokah, sesuai dengan rekomendasi harus dilakukan PSN dan pengasapan secepatnya untuk memutus mata rantai penularan DBD.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dinas PMD Laksanakan Rakor Bersama Seluruh Camat Terkait Evaluasi 1 Desa 1 Masjid

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu, Tunjuk Abdul Hafiz Sebagai Plt Komisaris PT Air Minum Bersujud

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Azhar Lepas Pemuda Pelopor tingkal Kalimantan Selatan
Kuranji

Kec. Kuranji

Kecamatan Kuranji Terus Upayakan Pelayanan Publik Secara Maksimal

Tanah Bumbu

Dinsos Tanbu Tepis Isu Beredarnya Kabar Seorang Ibu di Kusan Hilir Tidak Pernah Dapatkan Bantuan
Perpustakaan

Dispersip

Berlanjut, Dispersip Tanbu Gelar Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kedua

Tanah Bumbu

Berkunjung ke Wisata Susur Sungai Sepaket dengan Goa Liang Bangkai

Disdik

Setelah 23 Tahun Menjadi Honorer, Hairun Nisya Akhirnya Diangkat Jadi PPPK

You cannot copy content of this page