DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio

Home / DPMD / Tanah Bumbu

Senin, 28 Maret 2022 - 13:10 WIB

Kadis PMD Sebut Tiga Indikator Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, menyebutkan tiga indikator penilaian pada lomba desa dan kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, menyebutkan tiga indikator penilaian pada lomba desa dan kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu.

BATULICIN, RSB – Tim evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, menyebutkan tiga indikator penilaian pada lomba desa dan kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir kepada Kru RSB saat dikunjungi di kantornya, Jumat (25/3/2022) mengatakan, ada tiga indikator penilaian yang digunakan untuk mengukur dan menilai sampai dimana pemerintahan desa menjalankan roda pemerintahannya.

Indikator yang pertama tentang masalah pemerintahan desa dan kelurahan terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik, kinerja pemerintahan desa, inovasi desa serta ke-siap siagaan ketika terjadi bencana dan cara pelestarian nilai budaya di desa maupun kelurahan.

Baca juga DPMD Tanbu Harapkan Pelayanan di Kantor Desa Terus Ditingkatkan

Kedua, indikator berkaitan dengan masalah kewilayahan seperti perhitungan batas wilayah antara desa dan kelurahan, luas dan lebar wilayah, jumlah warga desa atau kelurahan, profil desa dan lain sebagainya.

Termasuk di dalamnya adalah pemberdayaan masyarakat terkait tingkat partisipasi masyarakat dalam menghadiri kegiatan Posyandu di desa maupun kelurahan, pelaksanaan gotong royong, karang taruna atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Kemudian indikator ketiga, tentang masalah kesehatan dan perekonomian. Karena hal ini berkaitan langsung dengan keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, tujuan diselenggarakannya lomba antar desa dan kelurahan itu juga sebagai partisipasi Dinas PMD dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Tanah Bumbu ke-19.

Kepada kepala desa dan lurah yang akan terpilih menjadi pemenang nanti dapat mengukur bahwa kemenangan tersebut berdasarkan indikator dan atas kebenaran melaksanakan kinerjanya sesuai dengan Permendagri No.18 Tahun 2015.

Bagi desa dan kelurahan yang telah berpartisipasi dan berkesempatan memperoleh juara dalam kegiatan itu akan diberikan apresiasi berupa piagam penghargaan dan plakat yang akan diberikan secara langsung pada saat perayaan HUT ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu.

Tidak hanya itu, desa maupun kelurahan terbaik yang mendapatkan juara juga akan mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam lomba desa pada tingkat provinsi maupun nasional. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

satpol

Dinas PolPP dan Damkar

Satpol PP dan Damkar Tanbu Amankan Anak Lap Kaca Mobil di Kawasan Lampu Merah Plajau

Tanah Bumbu

Sekda Tanah Bumbu Ikuti Rapat Penyamaan Persepsi Kalsel Sebagai Gerbang IKN

Tanah Bumbu

Sebanyak 60 Alumni Pelatihan Angkatan Tahun 2022 Terima Sertifikasi Kompetensi dari BLK Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Tiga Raperda Inisiatif

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Terima Kunjungan Kerja DPRD Kutai Kartanegara

Tanah Bumbu

Pekan Ini Lailatul Jumat Kembali Berbagi Doorprize

Tanah Bumbu

Paskibraka Tanah Bumbu Latihan Pengibaran Bendera 

BPBD

Aktivitas Korban Banjir di Satui Mulai Normal

You cannot copy content of this page