Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Senin, 20 September 2021 - 08:56 WIB

Kegiatan Posyandu Sekaligus Pemberian Imunisasi Bagi Balita di Wiritasi

BATULICIN, RSB – Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), bidan desa, tenaga medis dari Puskesmas Pagatan kembali mengadakan kegiatan Posyandu sekaligus pemberian vitamin bagi balita.

Kegiatan tersebut berlansung di Kantor Desa Wirittasi Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu, 18 September 2021.

Adapun jenis pelayanan yang diberikan kepada balita berupa penimbangan dan pengukuran tinggi badan, memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, dan peningkatan gizi.

Penimbangan dan pengukuran pada balita dilakukan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita yang sering disebut stunting.

Berdasarkan penimbangan dan pengukuran tersebut kemudian dicatat di Kartu Menuju Sehat (KMS) sehingga dapat diketahui status pertumbuhan dan memantau perkembangan balita itu dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan.

Selanjutnya layanan imunisasi yang diberikan itu diantaranya BCG untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus dan Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan serta Hepatitis B untuk mencegah penyakit kuning.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyuluhan oleh Kader Posyandu, Herlina tentang bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Selain itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada anak, masing-masing orang tua membawa sendiri sarung atau alat untuk penimbangan berat badan anak serta tetap mematuhi protokol kesehatan.(Als/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Sasar Teluk Kepayang, Disdukpencapil Tanbu Beri Layanan Jemput Bola Perekaman e-KTP

Kesbangpol

Minimalisir Penyebaran Narkoba, Kesbangpol Himbau Masyarakat Manfaatkan Layanan Sidukun
Pupr

PUPR

Dinas PUPR Tanbu Terus Upayakan Perbaikan Jalan Rusak

Tanah Bumbu

Tahun 2023, Camat Kusan Tengah dan Kepala Desa Support Penuh Program 1D1M

Tanah Bumbu

Pilkades Gelombang Kedua Diikuti Sebanyak 58 Desa

Tanah Bumbu

Pintu Gerbang Desa Bersujud Terkesan Mewah pada Malam Hari

Tanah Bumbu

Roadshow Remaja Tanah Bumbu Cerdas Makin Cakap Digital

You cannot copy content of this page