DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 10 November 2021 - 07:51 WIB

Ketua Dekranasda Tutup Pelatihan Tenun Bagi Remaja

BATULICIN, RSB – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Bumbu Hj. Wahyu Windarti Zairullah menutup acara pelatihan tenun bagi remaja yang bertempat di Tenun Salmah, Desa Manurung Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (09/11/2021) kemarin.

Ketua Dekranasda Tanah Bumbu, Hj. Wahyu Windarti Zairullah menutup secara resmi sekaligus menyerahkan sertifikat pelatihan kepada peserta.

Dalam sambutan saat menutup pelatihan, Ketua Dekranasda Tanah Bumbu, Hj. Wahyu Windarti Zairullah menyampaikan, pihaknya mengapresiasi digelarnya pelatihan kain tenun khas pagatan bagi remaja itu.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, kemandirian, wirausaha, menambah pendapatan dan menciptakan lapangan kerja.

Diharapkan juga, melalui pelatihan itu pelestarian tenun pagatan berjalan terus menurus.

Pada kesempatan itu, Hj. Wahyu Windarti mengajak semua pihak agar menjadikan tenun pagatan sebagai salah satu ciri khas Tanah Bumbu.

Sementara itu, Ketua GKN Bersujud Tanah Bumbu, Abdul Azis mengatakan, pelatihan yang digelar selama dua minggu itu, peserta pelatihan memiliki prospek yang bagus dengan hasil yang bagus pula serta telah termasuk dalam kategori layak jual.

Disampaikan Azis, selama pembelajaran, meskipun anak-anak secara finansial masih terbilang kurang namun antusias peserta sangat baik dan terlihat tetap bersemangat mengikutinya hingga selesai.

Menurutnya, memandang suatu keberhasilan itu bukan dari suatu hal yang kecil, namun dari hal kecil itulah akan diusahakan agar kedepan dapat menjadi sesuatu yang besar.

Ia berharap, ke depannya peserta mendaatkan ilmu dan menjadi penerus dalam mewariskan budaya indonesia khususnya tenun, serta dapat melestarikan tenun pagatan agar tidak musnah tenggelam oleh zaman dan tidak hanya tinggal cerita.

Dengan kesungguhan, dia juga mengupayakan ke depannya bagaimana memikirkan anak-anak dan remaja agar dapat berkarya sendiri, sehingga dapat memberikan support agar anak-anak yang putus sekolah tetap memiliki masa depan yang cerah

Pelatihan berlangsung selama 15 hari dari tanggal 21 Oktober s.d 4 November 2021 di Tenun Salma Pagatan. Dimana pada kesempatan itu, Ketua Derkanasda meninjau secara langsung pembuatan tenun oleh anak-anak peserta pelatihan dan menyerahkan piagam pelatihan tenun.

Adapun yang berhadir pada acara tersebut, Ketua Derkanasda, Disnakertrankop dan UM, Disdagri, Disporpar, BLK Tanah Bumbu, Sekcam Kusan Hilir, PT. Arutmin serta GKN Bersujud. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dua Buah Raperda Disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Warga Desa Emil Baru Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Cabai

Tanah Bumbu

Kadis Budporpar H. Udin : Kenyamanan Pengunjung Jadi Tolak Ukur Suksesnya Pariwisata

Tanah Bumbu

Pada Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke-21, Acil Odah : Santri SDSM Generasi Emas MendatangĀ 

Informasi

LPPTKA-BKPRMI Tanah Bumbu Wisuda 227 Santri di Simpang Empat

Tanah Bumbu

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu Evakuasi Ular Piton Sepanjang Empat Meter di Desa Gunung AntasariĀ 

DPMD

Dinas PMD Berikan Apresiasi Pegawai Loyalis dan Rajin Kerja

Tanah Bumbu

Camat Angsana Taryono Hadiri Panen Raya Desa Sumber Baru

You cannot copy content of this page