Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM PT Borneo Indobara Gelar Sosialisasi Penggunaan Briket Batubara

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 27 Maret 2024 - 07:53 WIB

Malam Ini, Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Darul Azhar Simpang Empat

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Peringatan Nuzulul Qur’an — malam 17 Ramadhan — digelar di Masjid Darul Azhar Simpang Empat, Rabu ( 27/3/2024 ) malam ini. Sebelumnya didahului dengan acara buka puasa Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar dengan anak yatim-piatu, para kepala dinas, bagian, dan camat.

” Selanjutnya sholat Isya, Tarawih, dan Witir,” kata Ketua Masjid Darul Azhar Simpang Empat Ustad Syaipul, Rabu pagi, usai sholat subuh berjamaah.

Menurut Syaipul, Nuzulul Qur’an selalu diperingati pada tanggal 17 Ramadhan setiap tahunnya. Setidaknya ada dua alasan yang mendasarinya.

Perlu diketahui bahwa Al-Qur’an diturunkan oleh Allah dalam dua fase. Fase pertama Al-Qur’an diturunkan sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke langit dunia.

” Fase kedua, Al-Qur’an diturunkan dari langit dunia ke bumi melalui Rasulullah secara berangsur-angsur dalam kurun waktu sekitar 23 tahun,” jelasnya.

Seperti diketahui, Al-Qur’an diturunkan secara bertahap kepada Nabi Muhammad tentu memiliki tujuan.

Diantaranya untuk membedakan Al-Qur’an yang merupakan penutup kitab suci dari kitab-kitab suci sebelumnya, untuk membuat perubahan norma sosial secara bertahap.

Mengingat ayat Al-Qur’an diturunkan sebagai respons atas peristiwa sosial, meneguhkan hati Rasulullah dalam menghadapi orang-orang kafir quraisy yang menentang dakwah, untuk memelihara Al-Qur’an, dan lain-lain.

Malam Nuzulul Qur’an tahun ini jatuh pada tanggal 28 Maret 2024. Berhubung kalender Islam dimulai dari waktu terbenamnya matahari, maka biasanya perayaannya dilakukan pada Rabu malam atau pada tanggal 27 Maret 2024. 

 

Penulis/Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

SKPD dan DPRD Tanah Bumbu Ikuti Sosialisasi Pengadaan Barang Jasa dan Anti Korupsi

Tanah Bumbu

Zairullah Azhar : Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2023 Akan Dilaksanakan di Ibu Kota Negara Yang Baru

Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Tiga Raperda Inisiatif

Tanah Bumbu

Camat Simpang Empat, Yamani : Musabaqah Tilawatil Qur’an Semata-mata untuk Mensyiarkan Agama

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Sampaikan Pendapat terhadap Dua Buah Raperda Inisiatif

Tanah Bumbu

Bambang Hari Widodo Resmi dilantik Menjadi Kepala Lapas Kelas III Batulicin

Tanah Bumbu

RSUD DHAAN Tanah Bumbu Bekali Pegawainya Sosialisasi Aksi P4GN

Pendidikan

Hadiri Milad Ponpes Darul Ijabah, Bupati Tegaskan Komitmen Majukan Pendidikan di Tanbu

You cannot copy content of this page