Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Dispersip / Tanah Bumbu

Kamis, 24 Maret 2022 - 10:55 WIB

Memukau, Penampilan Finalis Lomba Baca Puisi Buat Dewan Juri Kesulitan Memilih Pemenang

Birhansyah salah satu dari Dewan Juri Grand Final Lomba Baca Puisi oleh Dispersip dari Dinas Pendidikan Tanah Bumbu

Birhansyah salah satu dari Dewan Juri Grand Final Lomba Baca Puisi oleh Dispersip dari Dinas Pendidikan Tanah Bumbu

BATULICIN, RSB – Penampilan 12 Finalis Lomba Baca Puisi yang merupakan peserta terbaik untuk tampil secara langsung di hadapan dewan juri setelah melewati tahap seleksi secara daring. Penampilan yang dipersiapkan secara matang, terlebih yang telah lama bergelut dalam bidang baca puisi membuat dewan juri kesulitan memilih pemenang.

Salah satu dewan juri dari Dinas Pendidikan, Birhansyah, mengatakan penampilan para peserta merupakan sebuah penampilan yang patut diapresiasi atas semangat yang diperlihatkan. Hal ini terbukti dari perbandingan penampilan peserta ketika seleksi secara daring dengan saat tampil di hadapan dewan juri, ternyata peserta lebih ekspresif dalam menampilkan baca puisi.

Sebagai seniman yang bergelut di bidang sastra, ia sangat berterima kasih kepada Dispersip Tanah Bumbu karena lomba itu dapat menjadi ajang bagi mereka yang menekuni bidang puisi untuk meningkatkan potensi ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga Sambut HUT ke-19 Tanah Bumbu, Dispersip Gelar Final Lomba Baca Puisi

Adapun pemilihan puisi yakni peserta diberikan kebebasan dalam memilih materi puisi yang dikuasai sehingga lomba itu menjadi sebuah lomba yang merangsang peserta untuk andil dalam menentukan pilihan puisi agar lebih ekspresif.

Lebih lanjut disampaikan Birhan, indikator dasar dalam penilaian peserta pada dua kategori yakni pelajar dan umum tidak dibedakan, dimana terdapat beberapa hal penting penilaian pembacaan puisi yakni vocal, diksi dan interpretasi dalam puisi yang harus di pahami.

Kemudian, setiap lomba dalam bentuk apapun, peserta sangat perlu teliti pada juknis untuk dipelajari sehingga peserta yang seharusnya memiliki potensi dapat tergali secara maksimal.

Dalam penilaian yang berlangsung itu, terdapat beberapa peserta yang tidak masuk dalam juknis padahal mereka memiliki potensi yang bagus, salah satunya berkaitan durasi pembacaan puisi.

Ia berharap, semoga lomba baca puisi itu bisa terus berlanjut guna terus meningkatkan minat baca.

Pada akhir kesempatan, Birhan berpesan kepada kalangan pelajar maupun umum yang mempunyai kemampuan baca puisi agar tidak takut mengikuti lomba-lomba karena hal ini sangat mendukung untuk mengukur diri secara pribadi. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Disbudporpar Kirim 2 Pasang Putra Putri Tanbu pada Ajang Pemilihan Nanang Galuh

Bappedalitbang

Kepala Bappedalitbang Ikuti Rapat dengan Kementrian LHK

Disdukpencapil

Permudah Kepengurusan Dokumen Pernikahan, Disdukpencapil dan Kemenag Jalin Kerjasama

Tanah Bumbu

Hendra Wardani, SE, MM : BPKAD Tanah Bumbu Realisasikan Gaji 13 dan TPP 13 bagi ASN dan PPPK (PNS dan P3K) pada 1 Juni 2024

Tanah Bumbu

KH Abdul Haris : Ada Dua Cara Mencintai Rasulullah

Disdukpencapil

Disdukpencapil Lakukan Perekaman e-KTP Terakhir Tahun Ini di Teluk Kepayang

Tanah Bumbu

Pada Peringatan Bulan Muharram, Zairullah : Para Kepala SKPD Hendaknya Memahi Tugasnya

Tanah Bumbu

Besok, DPRD Tanah Bumbu Agendakan Bahas Tiga Raperda

You cannot copy content of this page