Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 1 November 2022 - 12:31 WIB

Partai Gerinda Terancam Tidak Terima Gaji, Walkout Saat Pembahasan APBD 2023

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Ketua DPRD Tanah Bumbu H. Supiansyah menegaskan, tidak tertutup kemungkinan Partai Gerindra setempat tidak menerima gaji pada Tahun Anggaran 2023 mendatang.
 
Masalahnya, partai besutan Prabowo Subianto itu, walkout pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Tanah Bumbu yang membahas Pendapatan dan Belanja daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2023 untuk ditetapkan sebagai Perda, Senin ( 31/10/2022 ).
 
Sebelum rapat paripurna dimulai yang dipimpin dua orang wakilnya, H. Upi  (panggilan akrab H.Supiansyah) mendapatkan instrupsi dari Boby Rahman dari Fraksi Gerindra yang meminta rapat paripurna ditunda.
 
Masalahnya, menurut Boby,  pihak pemerintah belum menjelaskan secara rinci perubahan RAPBD khususnya Dana Alokasi Khusus (DAK) anggaran 2023.
 
Namun keinginan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Upi. Perubahan APBD yang menyangkut DAK, itu wewenang dari pemerintah pusat dan tidak perlu dibahas secara mendalam.
 
Sidang paripurna yang dilaksanakan sekarang, tegas H. Upi, hanya sebatas pada menetapkan apakah RAPBD tersebut bisa ditetapkan jadi Perda, dan diterima atau tidak.
 
Politisi senior PDIP dan empat periode menjadi anggota legislatif itu, tetap menolak untuk menunda atau membatalkan rapat paripurna. 
 
Sebelum rapat paripurna, perdebatan semakin sengit. Masing-masing fraksi memberikan pendapatnya. Dan fraksi Gerindra tetap pada keputusannya meninggalkan ruang rapat paripurna, termasuk Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Alaydrus yang berasal dari Gerindra.
 
Sementara itu, Parman anggota DPRD dari PDIP menegaskan, dana DAK sebenarnya anggaran sudah ditentukan pemerintah pusat, karena dana dan peruntukannya sudah jelas sementara daerah hanya sebatas menerima dan melaksanakan.
 
Rapat paripurna DPRD Tanah Bumbu, akhirnya tetap melanjutkan karena dari lima fraksi yang ada minus Gerindra , semua rapat dilanjutkan dengan menyatakan persetujuan mereka, dan menetapkan APBD 2023.
 
Sebelum ditetapkan jadi Perda, RAPBD Tahun Anggaran 2023 , sebesar 2 Triliun 298 Miliar 598 lebih.
 
Penulis / Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Buka Diklat Paskibraka, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka

Tanah Bumbu

Program SDSM di Karang Bintang Berjalan Lancar, Ada Anak yang Hafal Empat Juz
PUPR

PUPR

Dilantik Menjadi Kadis PUPR, Subhansyah Prioritaskan Perbaikan Jalan

Tanah Bumbu

Hadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Anggota DPRD Tanbu Himbau Jaga Kesehatan

Tanah Bumbu

Bagian Organisasi Karantina Pegawai Yang Tidak Jalankan Kewajibannya

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Terima Alokasi UPTP Bangun BLK Regional

Tanah Bumbu

Hari Jadi ke-21, Tanah Bumbu Telah Meraih Berbagai Prestasi

Tanah Bumbu

Pemkab Ikuti Monev SP4N Lapor

You cannot copy content of this page