DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 23 September 2021 - 07:36 WIB

Pelajar di Tanbu Tetap Berkreasi Ikuti FLS2N, KOSN dan OSN Secara Daring

BATULICIN, RSB – Sebagai wadah menampung segala bentuk kreativitas, inovasi, sekaligus sarana penyaluran bakat yang dimiliki siswa di bidang seni, serta memberikan kesempatan agar tetap dapat berkarya mengukir prestasi di tengah pandemi.

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 secara daring yang diperuntukkan bagi peserta didik jenjang SD, SMP, atau sederajat di seluruh Indonesia.

Ketika dikonfirmasi Kru RSB, Rabu, 22 September 2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu Eka Safrudin melalui kepala Bidang Pendidikan Dasar, Ahmad Faizin, menyebutkan, FLS2N untuk Sekolah Dasar (SD) diantaranya seni tari, pantonim, kriya anyam, cerita bergambar dan nyanyi solo. Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat musik tradisional, tari, nyanyi solo, gitar duet dan design poster.

Namun pada tahun ini, pelajar perwakilan sekolah di Tanah Bumbu untuk SD hanya mengikuti tari dan nyanyi solo, sementara untuk SMP yakni nyanyi solo, musik tradisional, seni tari dan design poster. Dimana hasil kompetisinya perwakilan Tanah Bumbu belum masuk nominasi.

Disampaikan Faizin, kompetisi FLS2N sudah dilaksanakan pada Agustus lalu, yang dilakukan secara daring yakni dalam bentuk video, namun hal tersebut tetap dilakukan monitoring, yang mana seleksinya langsung ditetapkan oleh pusat.

Selanjutnya pada KOSN di tingkat SMP, Tanah Bumbu memiliki peserta yakni karate dan seni silat yang juga dilaksanakan pada Agustus 2021 yang lalu.

Sementara Kompetisi Sains Nasional (KSN) masih menunggu pelaksanaan yang dijadwalkan tanggal 28 September 2021 untuk SD sementara tanggal 14 sampai 15 September 2021 telah dilaksanakan untuk tingkat SMP, namun saat ini masih menunggu pengumuman.

Dikatakan Faizin, Kompetisi Sains Nasional di tingkat SD melombakan mata pelajaran Matematika dan sains, sedangkan di tingkat SMP berupa mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS.

Peserta dari SD diikuti oleh 5 orang siswa, dengan rincian Matematika 2 orang dan IPA 3 orang, sedangkan peserta SMP ada 61 siswa yakni Matematika 20 orang, IPA 20 orang dan IPS 21 orang siswa.

Adapun seleksi berlansung secara daring, dilakukan monitoring suasana saat mengerjakan menggunakan laptop untuk menghindari bantuan dari sekitar.

Menutup perbincangan, Faizin menyampaikan bahwa tahun-tahun sebelumnya Tanah Bumbu selalu masuk nominasi baik di tingkat provinsi maupun nasional, tetapi di tengah kondisi yang seperti sekarang, untuk mengikuti kompetisi saja sudah bersyukur karena selama daring, pembinaan yang diberikan terbilang sulit.

Namun dirinya tetap optimis, untuk pelaksanaan jadwal kompetisi KSN perwakilan pelajar Tanah Bumbu akan masuk nominasi seperti tahun-tahun sebelumnya. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

SatpolPP

Dinas PolPP dan Damkar

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu Tegakkan Perda Penyelenggaraan Tempat Hiburan di Desa Sarigadung

Tanah Bumbu

Pendengar Progam Sahur SDSM RSB Tanah Bumbu Didengar Sampai Banua Anam

Tanah Bumbu

DWP Unit Disperkimtan, Dinas Perikanan dan Diskominfo SP Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Tanah Bumbu

Perkenalkan Program YESS Untuk Wujudkan Petani Milenial, RSB Akan Fasilitasi Talkshow

Tanah Bumbu

Puncak Hari Kebersihan Sedunia Segera Gelar Aksi Pilah Sampah

Tanah Bumbu

Hendra Wardani, SE, MM : BPKAD Tanah Bumbu Realisasikan Gaji 13 dan TPP 13 bagi ASN dan PPPK (PNS dan P3K) pada 1 Juni 2024

Tanah Bumbu

Kadis PUPR Dijabat Hernadi Wibisono, Ansyari Firdaus Kembali ke Perkimtan, Subhansyah Staf Ahli Bupati
HLH

Lingkungan

Pemkab Tanbu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022

You cannot copy content of this page