DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 14 Desember 2023 - 16:31 WIB

Pemkab Tanah Bumbu Terus Tekan Angka Perkawinan Usia Anak

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) terus melakukan upaya menekan angka perkawinan usia anak.

Untuk menghentikan perkawanan usia anak memang bukan hal yang mudah, karena dibalik itu juga dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap anak.

Dalam hal ini, melalui Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan Pengadilan Agama Batulicin Kelas II tentang layanan konseling di Pusat Pembelajaran Keluarga ( PUSPAGA ) BERSUJUD.

Kepala Bidang Pengarusutamaan Gender Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, mengatakan Kesepakatan tersebut diterapkan konseling kepada calon pengantin yang berusia anak sebagai persyaratan permohonan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Batulcin Kelas II.

Untuk mendapatka dispensasi kawin, pasangan calon pengantin usia anak terlebih dahulu membawa kelengkapan administrasi dan mendaftar ke PUSPAGA BERSUJUD untuk mendapatkan jadwal konseling.

Setelah rangkaian konseling dilaksanakan, kemudian PUSPAGA BERSUJUD akan mengeluarkan berita acara konseling yang menjadi persyaratan di Pengadilan Agama Batulicin Kelas II untuk menjadwalkan sidang.

Dengan layanan tersebut, disertai juga dengan edukasi yang adekuat diharapkan permohonan dispensasi kawin akan menurun, orang tua/wali memahami bahwa anak berhak untuk hidup, tumbuh dan berkembang serta didengarkan pendapatnya.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Polbindes Bersama DLH Tanah Bumbu Lakukan Binwaslu Tertib Jam Buang Sampah

Tanah Bumbu

RSUD DHAAN Laksanakan Sosialisasi Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba

Tanah Bumbu

RSB Kembali Rayakan Ultah Stafnya, Niah : Saya Bersyukur

Tanah Bumbu

Gerakan Mencuci Kaki Ibu Jangan Dilakukan Pada Ramadhan Saja

Tanah Bumbu

Sekda Buka Lomba Menu PPL B2SA

Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanah Bumbu Setuju Pengembalian Nama RSUD Amanah Husada

Tanah Bumbu

Kukuhkan Pengurus FKUB, Bupati Zairullah Harapkan FKUB Jadi Teladan yang Baik Bagi Masyarakat

Tanah Bumbu

Lebaran Minim Sampah, Ini Himbauan DLH Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page