DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 1 Oktober 2021 - 12:08 WIB

Perbub Tentang Elpiji Berlaku, Izin Usaha Dicabut Jika Langgar Patokan Harga

BATULICIN, RSB — Peraturan Bupati tentang pengaturan distribusi ataupun penjualan di pangkalan sudah diberlakukan hari ini, 1 Oktober 2021.

Jika ada pangkalan elpiji, kios dan pengecer melanggar patokan harga, dan menjual elpiji 3 kg diatas Rp 30 ribu, maka izin usahanya akan dicabut.

“Kami tegas, jika melanggar aturan ya kita sanksi,” kata Kepala Disdagri Kabupaten Tanah Bumbu H. Denny Haryanto kepada Reporter RSB di ruang tunggu tamu bupati, Kamis,

Sanksi ini akan dijatuhkan, setelah didahului dengan pembinaan dan sanksi preventif jika tidak mengindahkan teguran ini.

Terhadap pemberlakuan Perbub ini, pihak Disdagri bersama tim lainnya akan melakukan sosialisasi melalui pamflet-pamflet, media online, dan radio, khususnya Radio Swasra Bersujud (RSB).

Dengan adanya sosialisasi ini, maka permainan harga elpiji 3kg sekarang dapat ditekan. Tidak seperti dulu lagi melebihi harga eceran yang ditetapkan pemerintah.

Denny tidak menyangkal, selama ini penjualan elpiji di 12 kecamatan, 144 desa, dan lima kelurahan, memang nilai jualnya melebihi ketentuan pemerintah.
Ini bisa dimaklumi dengan perbagai alasan yang disampaikan.

Misal mencarinya susah, dan harganya sudah tinggi saat dibeli dan kemudian dipasarkan.

” Saya memahami masalah itu, tapi sebenarnya tidak boleh lebih dari itu. Dan kembali lagi saya katakan, dengan diberlakukannya Perbup ini, maka harga elpiji 3kg tidak boleh melebihi Rp30 ribu per tabung,” katanya.

Hingga kini, menurut Denny, terdapat 307 pangkalan elpiji yang tersebar di 147 desa. Hanya dua desa yang belum, yakni Desa Batu Bulan dan desa di atasnya. (RSB-01)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu Gelar Acara Halal Bi Halal Sekaligus Serahkan SK Non PNS 2024

Tanah Bumbu

Penerimaan CPNS 2024 Akhir Mei, Tanah Bumbu Dapat Jatah 2.803 

Informasi

Kegiatan Posyandu Sekaligus Pemberian Imunisasi Bagi Balita di Wiritasi

Tanah Bumbu

KPID Kalimantan Selatan Nilai Ruangan Siaran RSB Tanah Bumbu Cukup Bagus

Tanah Bumbu

Muchsin Alatas dan Titik Sandhora Kunjungi Istana Anak Yatim

Tanah Bumbu

Sukseskan Program Satu Desa Satu Masjid, Kusan Hulu Zona Hijau

Tanah Bumbu

Warga Korban Kebakaran di Desa Mangkalapi Terima Bantuan dari Pemkab Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Sukseskan Program 1D1M, Diskominfo SP Tanah Bumbu Bina Empat Desa

You cannot copy content of this page