Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / DLH / Sekda

Selasa, 21 Juni 2022 - 09:44 WIB

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Tanah Bumbu Lakukan Aksi Nyata Peduli Lahan Kritis

"Aksi bersih-bersih pantai sebagai bentuk kepedulian dan menggugah partisipasi masyarakat juga semua sektor dalam menjaga kebersihan area pesisir khususnya. "- Indah Maya Suryanti, Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu.

BATULICIN, RSB – Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan aksi nyata peduli lahan kritis sekaligus upaya pemulihannya.

Aksi nyata yang mengusung tema Satu Bumi Untuk Masa Depan dilakukan dengan penanaman 2000 bibit mangrove dan aksi bersih pantai di pesisir pantai Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban, Sabtu (18/6/2022) kemarin.

Kepala DLH Kabupaten Tanah Bumbu Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti kepada Reporter Radio Swara Bersujud pada Senin (20/6/2022) mengatakan, aksi bersih-bersih pantai sebagai bentuk kepedulian dan menggugah partisipasi masyarakat juga semua sektor dalam menjaga kebersihan area pesisir khususnya. 

Baca juga Cegah Abrasi, 2.000 Pohon Mangrove Ditanam di Pesisir Pantai Sungai Dua Laut

Pada acara tersebut juga bekerja sama dengan PT BIB yang menyerahkan bantuan 10 bak sampah dan 50 batang pohon Tabebuya ke pengelola lokasi wisata Pantai Tebing. 

Kemudian untuk pengelolaan bantuannya diserahkan sepenuhnya ke pengelola area wisata Pantai Tebing, termasuk penempatan bak sampah.

Sesuai Perda No. 5 tahun 2017 tentang pengelolaan sampah, masing-masing penanggung jawab kawasan termasuk area wisata wajib mengelola sampahnya mulai dari penyediaan sarana dan prasarananya sampai dengan penentuan 1 TPS  dan pengumpulan pada 1 titik TPS tersebut.

Mangrove

Satu Bumi Untuk Masa Depan, tema yang menyemangati Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu dengan penanaman bibit mangrove dan aksi bersih pantai.

Jadi untuk area wisata yang dikelola oleh daerah maupun swasta juga harus bertanggung jawab terkait dengan  pengelolaan sampah di area wisatanya yang mana biasanya sudah ada Pokdarwis.

Dalam hal ini, kewenangan DLH mengenai pengelolaan sampah tingkat kabupaten adalah pengangkutan sampah pada TPS yang ditentukan menuju ke TPA.

Dengan adanya penambahan fasilitas bak sampah ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penumpukan sampah di tempat wisata yang bersangkutan.

.

 

Reporter         : Fitriana Rahma

Editor              : Zuhdiansyah / Admin

Share :

Baca Juga

Sekda

Hadiri HUT IBI, Sekda Sebut Profesi Bidan Sangat Mulia
Bank Sampah

DLH

Optimalkan Pengelolaan Sampah, DLH Luncurkan Bang Julpikar’s

Sekda

Sekda Tanbu Serahkan Bantuan kepada KUB Nelayan dan Hadiah Bagi Pelajar

DLH

Wujudkan Pengelolaan Sampah yang Efisien, DLH Bangun 7 TPS3R
Bupati

DP3AP2KB

Hadiri Halal Bihalal SKPD, Bupati Tekankan Implementasi Serambi Madinah

DLH

Bupati Resmikan Fasilitas Air Bersih di Angsana
DLH

DLH

DLH Tanbu Canangkan Program Penghijauan
HLH

Lingkungan

Pemkab Tanbu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022

You cannot copy content of this page