Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Selasa, 2 November 2021 - 09:54 WIB

Program Si Kadal Disdukpencapil Tanbu Rencanakan Jadwal ke Desa Batu Bulan

BATULICIN, RSB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu melalui program inovasi Sisir Kawasan Pedalaman (Si Kadal) merencanakan jadwal untuk mendatangi wilayah pedalaman Desa Batu Bulan, Kecamatan Teluk Kepayang. Dimana wilayah desa tersebut sama sekali belum pernah terjangkau.

Kepada Kru RSB baru-baru tadi, Plt Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu melalui Kasi Identitas Penduduk, Fuad Annas mengungkapkan, salah satu faktor penyebab belum tersentuhnya Desa Batu Bulan oleh layanan Si Kadal adalah akses jalan menuju ke tujuan terbilang cukup sulit.

Terlebih dimusim hujan seperti saat ini mobil dinas diperkirakan belum bisa melewatinya karena jalan yang tersedia hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua, sedangkan pihak Disdukpencapil harus membawa beberapa alat untuk pembuatan dokumen.

Selain itu, proses pengajuan program pelayanan Si Kadal ini juga memakan waktu yang cukup lama dengan diawali pengajuan proposal dari pihak desa ke pihak Disdukpencapil.

Dalam 1 kali program pelayanan Si Kadal berkunjung, terdapat kurang lebih 5 orang yang terjun langsung ke lapangan untuk melayani masyarakat. Kemudian, dalam 1 kali kunjungan memerlukan waktu sekitar 1 hingga 2 malam di wilayah tersebut.

Lebih lanjut disebutkan Fuad Annas, beberapa wilayah yang masuk kawasan pedalaman antara lain Desa Dadap Kusan Raya, Tamunih, Hati’if, Batu Bulan, dan lainnya.

Sebelum melakukan kegiatan Si Kadal di wilayah tertentu, pihak Disdukpencapil akan berkoodinasi dahulu dengan perangkat desa agar masyarakat dapat berkumpul dalam 1 tempat untuk mempermudah Disdukpencapil membuatkan dokumen warga. Karena di kawasan pedalaman jarak rumah antar warga terlampau jauh sehingga diharapkan ketika pihak Disdukpencapil sudah sampai, semua warga sudah berkumpul di tempat yang telah ditentukan.

Sejauh ini dalam pelayanan Si Kadal, dokumen yang paling banyak diminati masyarakat diantaranya KIA (Kartu Idetitas Anak), KK ( Kartu Keluarga dan KTP ( Kartu Tanda Penduduk).

Adapun kendala yang sering terjadi dalam program pelayanan Si Kadal ini masalah jaringan, dan solusi yang yang diterapkan yaitu pembuatan dokumen akan dilakukan di Disdukpencapill, kemudian jika dokumen sudah selesai akan dikirim ke wilayah yang bersangkutan. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Kusan Hulu Gelar Pasar Murah di 11 Desa

Tanah Bumbu

Permudah Aktivitas BUMDes Melalui Aplikasi Si Kembang Bungas 

BPBD

Sulhadi : Luas Karhutla di Tanah Bumbu Capai 20 Hektare Lebih

Tanah Bumbu

Kadis Perkimtan Ansyari Firdaus Kunjungi Tiga Desa Binaan SDSM

Tanah Bumbu

Siaran Radio, Kesbangpol Tanah Bumbu Gaungkan Penguatan Ideologi Pancasila
Bappedalitbang

Bappedalitbang

Bappedalitbang Tanbu Sampaikan Progres Penetapan RKPD Tahun 2023 Sudah 80 Persen

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Mencoblos di TPS 15 Kelurahan Batulicin, Sekaligus Monitoring Kertas Suara TPS

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Berikan Pembinaan Bagi Pengelola BKB HI

You cannot copy content of this page