Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 5 September 2023 - 11:26 WIB

PT BIB Fasilitasi Ajang IFRC ke-20

BATULICIN, radio-swarabersujud.com —  Perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, PT Borneo Indobara (BIB) fasilitasi pelaksanaan Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) ke-20.

Chief Operating Officer PT BIB Raden Utoro, di Batulicin Ahad mengatakan, sebagai tuan rumah pelaksanaan IFRC ke-20 PT. BIB telah menyiapkan 24 hektare yang dilengkapi dengan bangunan, sarana pendukung lainnya dan perlengkapan untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

“PT BIB juga melibatkan masyarakat melalui pameran produk produk UMKM binaan perusahaan untuk memberikan “Multiplier effect” bagi ekonomi masyarakat setempat,” katanya seperti dikutip media ini dari Antara.

Dia mengatakan, kedepannya fasilitas yang sudah di siapkan oleh PT BIB juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana prasaran pelatihan rescue dan juga sebagai tempat rekreasi serta tempat pelatihan tanggap darurat perusahaan yang ada di Tanah Bumbu.

Dalam acara ini diikuti 24 tim rescue perusahaan tambang, migas, dan energi seluruh Indonesia, khusus untuk PT BIB menurunkan dua team.

Sementara itu, Ketua Panitia IFRC ke-20 Supandi menjelaskan, ajang IFRC ini akan berlangsung selama 12 hari yang dilaksanakan sejak 1-12 September 2023 yang diikuti oleh 23 perusahaan tambang batubara di Indonesia..

“IFRC merupakan wadah saling belajar satu dengan yang lain, antar team, berbagi ilmu rescue tingkat lanjut serta teknologi dan kerjasama untuk mencegah korban jiwa dan cidera dalam melakukan operasi penyelamatan,” jelasnya.

Konsep Challenge yang diterapkan dalam IFRC ke-20 ini bukan sebatas kompetisi saja namun lebih ajang belajar bersama, bertukar informasi dan pengalaman.

Dalam pelaksanaannya para peserta akan adu kebolehan di “venue” yang telah disiapkan PT BIB di Fire Ground Kusan.

Ada delapan cabang challenge dalam event IFRC yakni high angle rescue (HAR), structural fire fighting (SFF), confined space rescue (CSR), mud rescue (MDR), road accident rescue (RAR), underwater rescue & recovery challenge (UWRRC), firefighter combat challenge (FCC) dan firefighter competency test (FCT).

“Selain itu juga akan digelar seminar tim tanggap darurat pertambangan,” jelas Supandi.

Agenda lainnya para peserta akan diajak berkeliling menikmati wisata yang ada di Tanah Bumbu. Selain itu, kegiatan IFRC ke-20 diisi dengan pameran UMKM binaan PT BIB.

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar mengapresiasi acara tersebut dengan membuka secara resmi ditandai dengan penekanan tombol sirine.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan IFRC ke-20 di Kabupaten Tanah Bumbu yang diselenggarakan oleh PT. BIB,” katanya.

Bupati berharap, melalui kegiatan tersebut dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja, serta dapat melatih keterampilan team dalam menangani keadaan tanggap darurat, sehingga para team sudah siap dan tahu cara penanganan penyelamatan pada kejadian darurat.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada PT. BIB yang telah berkontribusi besar terhadap program pemberdayaan masyarakat di “Bumi Bersujud”.

 

sumber : Antara
Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Camat Kuranji Raih Juara 3 Lomba Peringatan HUT Korpri ke- 51

DPRD

Semua Fraksi DPRD Tanah Bumbu Setujui Raperda APBD Perubahan Tahun 2023
Dispersip

Dispersip

Dispersip Tanbu Kunjungi LKD Kalsel

Tanah Bumbu

Tim Penilai Asman Toga Tingkat Provinsi Kalsel Kunjungi Desa Mustika

Tanah Bumbu

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu, Rencanakan Beli Tiga Unit Mobil Pemadam Kebakaran

Tanah Bumbu

Disdikbud Dukung Penuh Keberadaan Gedung Kesenian di Tanah Bumbu

Informasi

Perubahan Nomenklatur, Bupati Kukuhkan dan Lantik 187 Pejabat

Tanah Bumbu

Ustadz Hiyatullah Ali Pimpin Sholat Dhuha Sekaligus Berikan Tausiyah

You cannot copy content of this page