Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:56 WIB

Sebanyak 150 Kader Pangan di Tanah Bumbu Dibekali Sosialisasi

BATULICIN, radio-swarabersujud.com – Sebanyak 150 Kader Pangan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti sosialisasi pelayanan meja enam Posyandu.

Sosialisasi digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanbu bertempat di Kantor Bupati Tanbu, Selasa (20/2/2024).

Bupati Abah Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Putu Wisnu Wardana membuka secara resmi sosialisasi tersebut.

Bupati, sebut Wisnu menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan sosialisasi kader pangan pelayanan meja enam posyandu.

“Sosialisasi ini penting, terutama sebagai penegasan tugas dan peran Kader Pangan di Posyandu meja enam,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti mengatakan Posyandu merupakan tempat kegiatan di masyarakat yang memiliki peran sangat penting.

Posyandu di harapkan mampu memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.

Serta memanfaatkan pekarangan dalam menyediakan bahan pangan untuk konsumsi yang beragam, bergizi, sehat dan seimbang.

“Keberadaan Posyandu bagi pemerintah perannya sangat besar dalam pembangunan kualitas generasi bangsa, khususnya kesehatan bayi dan balita,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan agar para kader menghimbau pengunjung Posyandu dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya dengan menaman tanaman yang bergizi.

Kepala DKPP Tanbu melalui Kabid Ketahanan Pangan, Rahbiyah melaporkan kegiatan sosialisasi dengan peserta sebanyak 150 Kader Pangan Posyandu. Sosialisasi mengusung tema Penguatan Ketahanan Pangan Masyarakat melalui Pemberdayaan Kader Pangan.

“Tujuan sosialisasi untuk penegasan tugas kader pangan pada meja enam Posyandu,” ujarnya seperti dikutip dari mc.tanahbumbukab.go.id.

Meja enam Posyandu bertugas mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah agar di tanam tanaman yang bisa di konsumsi.

Sehingga tidak hanya berdampak pada ketahanan pangan dalam keluarga, juga di harapkan meningkatkan perekonomian keluarga.

Berdasararkan Permendagri No 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu. Terdiri dari Tujuh kegiatan yakni Meja 1 Pendaftaran, 2 Penimbangan, 3 Pencatatan atau Pengisian KMS, 4 Penyuluhan Kesehatan, 5 Pelayanan Kesehatan, 6 Percepatan Penganekaragaman Pangan, 7 Peningkatan perekonomian keluarga.

Hadir pada sosialisasi tersebut, 12 Mantri Tani, Kepala Balai Penyuluh Pertanian se-Tanbu, perwakilan SKPD terkait Pemkab Tanbu, dan Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Disdukpencapil

Disdukpencapil Akan Terbitkan Program Sidang Penetapan Asal Usul Anak

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Buka Sepak Bola Bupati Cup 2024 di Pagatan

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Sampaikan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2024
Makanan Etnis

Budaya

Masakan Khas Tradisional Makassar Meriahkan Puncak Mappanre Ri Tasi E

Tanah Bumbu

Tekan Angka Stunting, Pemdes Wirittasi Rutin Bagikan PMT

Sekda

Sekda Ambo Sakka Lantik 11 Anggota IKMA Tanbu 

DP3AP2KB

SMPN 2 Kusan Hilir Lakukan Aksi Tanam Pohon
srikandi

Arsip

Dispersip Tanbu Gelar Bimtek Srikandi

You cannot copy content of this page