Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 13 Desember 2023 - 11:54 WIB

Sekda Ambo Sakka Hadiri Acara Penyerahan SAKIP, RB dan ZI di Bali

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekda) Dr. H. Ambo Sakka M.Pd bersama Inspektorat Daerah dan Kepala Bagian Organisasi mengikuti acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023.

Kegiatan dilakukan pada 5 – 6 Desember 2023, di Bali Nusa Dua Convention Center, Kawasan Pariwisata, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (6/12/2023).

Sekda Ambo Sakka mewakili Kabupaten Tanah Bumbu, ketika diwawancarai radio-swarabersujud.com di kantornya Selasa (13/12/2023) membenarkan atas kunjungan tersebut.

Di hari pertama Acara di Kegiatan tersebut berlangsung Sambutan oleh Wakil Presiden RI Mahruf Amin.

Dalam sambutannya, ia meminta untuk pastikan keberhasilan pencapaian indeks RB dan indeks SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), serta instansi telah ditetapkan sebagai zona integritas, juga diikuti dengan perbaikan nyata pada tata kelola pemerintahan.

tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan, beberapa indikator keberhasilan ini dapat dilihat antara lain melalui penurunan angka korupsi, peningkatan investasi, dan pertumbuhan ekonomi sehingga hasil akhirnya mampu menyejahterakan masyarakat.

Kedua, perkuat secara berkelanjutan orientasi RB berdampak, sebagai target kinerja masing-masing instansi untuk mendukung pencapaian tujuan pembanguan nasional.

Untuk itu, Wapres meminta seluruh instansi pusat dan daerah untuk terus meningkatkan komitmen, sinergi, dan kolaborasi pembangunan lintas sektor.

Ketiga, Wapres menekankan bahwa percepatan transformasi birokrasi berbasis digital yang terintegrasi, juga harus menjadi prioritas dalam arah pengembangan ke depan.

Hal ini penting untuk mempermudah inter-operabilitas data antar instansi pemerintah sebagai acuan dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran program pembangunan, serta penyusunan kebijakan yang berkualitas dan tepat sasaran.

Keempat, Wapres menegaskan pentingnya penguatan kualitas pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP), khususnya MPP digital.

Pembangunan MPP bukan sekedar pemenuhan mandat regulasi, melainkan juga perlu dipahami sebagai upaya untuk menciptakan standar dan proses pelayanan yang berkualitas, efisien, cepat, dan terjangkau.

Menutup sambutannya, Wapres menyampaikan apresiasi kepada para peraih penghargaan dalam acara tersebut. Ke depan, diharapkan pencapaian ini dapat menjadi suntikan semangat untuk memberikan kontribusi yang semakin berkualitas lagi dalam pengembangan RB di Indonesia.

Semoga prestasi ini semakin menjadi motivasi, baik bagi instansi bersangkutan maupun instansi lainnya, untuk terus melakukan terobosan dalam menggerakkan reformasi birokrasi yang berdampak langsung bagi masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa memasuki tahun-tahun akhir Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, Kementerian PANRB saat ini tengah menyusun arah kebijakan RB di masa yang akan datang.

Ke depan, RB akan difokuskan pada transformasi digital untuk mewujudkan digital bureaucracy dengan mengembangkan digital structure, digital culture, dan digital competency.

 

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Warga Antusias Sambut Safari Ramadan Bupati Zairullah Azhar
DP3AP2KB

DP3AP2KB

Cegah Nikah Dini, DP3AP2KB Tanbu Berikan Layanan Konseling Pranikah

Dispersip

Perda Penyelenggaraan Perpustakaan Akan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Tanah Bumbu

Masuk MURI, Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Batfest Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu Juara III Mini Soccer Ramadhan CUP

Tanah Bumbu

Wakili Bupati, Asisten Administrasi Umum Buka Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Remaja Usia Nikah

Tanah Bumbu

Dr. Ambo Sakka, Pimpin Pemasangan 5000 Bendera Merah Putih Serentak di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu

You cannot copy content of this page