Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Perikanan

Kamis, 9 Juni 2022 - 10:38 WIB

SPAPAL Kaltim Belajar Pembenihan Udang Galah di BBI Tanah Bumbu

Pelatihan pembenihan udang galah oleh BBI Tanah Bumbu diikuti oleh 8 peserta dari SPAPAL Kalimantan Timur.

Pelatihan pembenihan udang galah oleh BBI Tanah Bumbu diikuti oleh 8 peserta dari SPAPAL Kalimantan Timur.

KUSAN HILIR, RSB – Sentral Pembenihan Air Payau dan Air Laut (SPAPAL) Sebulu, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengikuti pelatihan budi daya udang galah yang dilaksanakan di Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pelatihan pembenihan udang galah ini dibuka Kepala Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Pulau Salak, Fajarunun, Sabtu (5/6/22) diikuti 8 peserta dari SPAPAL Kalimantan Timur, berlangsung selama sepekan yakni 5 hingga 10 Juni 2022.

Pejabat Fungsional Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Tanah Bumbu yang juga salah satu pemateri pelatihan, Muhammad Rizwan mengatakan, peserta datang secara khusus ke Tanah Bumbu untuk belajar proses pembenihan udang galah dan budi daya untuk pembesaran.

Rizwan mengatakan, dalam pelatihan ini dikenalkan cara budi daya udang galah sejak proses persiapan, pemilihan induk, pemijahan, pemeliharaan larva, hingga proses pembesaran dan pemasaran.

Baca juga Dinas Perikanan Sebut Usaha Perikanan Budidaya Alami Peningkatan Setiap Tahun

Menurutnya, antusias peserta tampak dari sejumlah pertanyaan yang disampaikan peserta dalam pelatihan ini.

Kepada peserta disampaikan teori tentang tata cara budi daya udang galah dari pembenihan sampai pembesaran.

Selain teori, kegiatan pelatihan budi daya udang galah dilanjutkan dengan kunjungan praktik di Instalasi Pembenihan udang galah di BBI Pulau Salak.

Dengan diadakannya pelatihan budi daya ini bisa  memperkuat eksistensi Balai Benih Ikan Pulau Salak di bidang pembenihan udang galah.

Sementara itu sejumlah peserta mengaku sangat puas mendapatkan penjelasan materi dari narasumber dari pembenihan budi daya udang galah ini.

Ketua rombongan dari SPAPAL Sebulu, Provinsi Kaltim, Rifa’i, mengucapkan syukur karena ilmu yang disampaikan narasumber komplit dan sangat mudah dipahami.

Dipilihnya BBI Pulau Salak ini awalnya berdasarkan informasi yang ia terima melalui video channel terkait proses pembenihan di tempat ini.

Seperti diketahui, budi daya udang galah merupakan komoditas yang memiliki prospek yang cukup baik karena harga dan permintaan yang cukup tinggi.

Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Pulau Salak Tanah Bumbu merupakan pusat pembenihan udang yang diproyeksikan menjadi salah satu sentra benih udang galah di Kalimantan Selatan.

Dukungan Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut menjadi salah satu program prioritas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel dalam Pengembangan Sentra Perikanan Darat Terpadu.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sejak tahun 2021 lalu melalui BBI Pulau Salak aktif melakukan pembinaan kepada masyarakat yang berminat untuk budi daya udang galah.

Tidak hanya itu, untuk mewujudkan keinginan itu, tahun ini budi daya udang galah masuk dalam program lanjutan Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

Selain bersumber dari dana APBD juga melalui kerja sama dengan perusahaan melalui program CSR untuk pengembangan perikanan untuk desa binaan perusahaan.

Adapun, udang galah termasuk salah satu produk unggulan Kabupaten Tanah Bumbu, namun selama ini lebih banyak dihasilkan dari alam yaitu hasil tangkapan nelayan di sungai.

Sejumlah desa di Tanah Bumbu sukses budi daya udang galah yaitu Desa Sepunggur di Kecamatan Kusan Tengah, dan Desa Manuntung Kecamatan Kusan Hulu. (Zhd/RSB)

 

Reporter / Editor                   : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

DKUPM2

DKUMP2

Warga Serbu Pasar Murah Ramadhan 1443 Hijriah di Kecamatan Sungai Loban

Perikanan

Dinas Perikanan Fasiltasi Pelatihan Ekstrak Saripati Ikan Gabus
Perikanan

Perikanan

Yulian Herawati : Sektor Perikanan Tingkatkan PAD Melalui Penarikan Retribusi
Perikanan

Perikanan

Pembudidayaan Ikan di Tanah Bumbu Bekerjasama Dengan Balai Riset Kementerian Kelautan

Perikanan

Dinas Perikanan Mulai Perkenalkan Lele Bumbu Ragil Kinasih

Perikanan

Uji Coba Teknologi Bioflok Dinas Perikanan Tanbu Panen Perdana
Perikanan

Perikanan

Perda Pelelangan Ikan Disosialisasaikan

Perikanan

Dinas Perikanan Didukung 25 Tenaga Penyuluh

You cannot copy content of this page