Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Perikanan / Tanah Bumbu

Jumat, 25 Maret 2022 - 16:29 WIB

Dinas Perikanan Sebut Usaha Perikanan Budidaya Alami Peningkatan Setiap Tahun

Kepala Dinas Perikanan diwakili Kabid Perikanan Budidaya, Mansyur kepada Kru RSB saat menjadi narasumber program talkshow di Studio Radio Swara Bersujud

Kepala Dinas Perikanan diwakili Kabid Perikanan Budidaya, Mansyur kepada Kru RSB saat menjadi narasumber program talkshow di Studio Radio Swara Bersujud

BATULICIN, RSB – Berdasarkan laporan data statistik perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu menyebutkan bahwa usaha perikanan budidaya mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati melalui Kabid Perikanan Budidaya, Mansyur kepada Kru RSB saat menjadi narasumber program talkshow di Studio Radio Swara Bersujud baru-baru tadi mengatakan, semakin tahun kegiatan usaha perikanan budidaya semakin diminati masyarakat.

Baca juga Dinas Perikanan Mulai Perkenalkan Lele Bumbu Ragil Kinasih

Alasannya terbilang simple, untuk terlibat menjadi pelaku usaha perikanan budidaya dapat dilakukan disela kesibukan lain.

Diungkap Mansyur, akhir-akhir ini ketika memasuki tahun 2022 banyak perangkat desa maupun kepala desa yang datang ke Dinas Perikanan untuk konsultasi terkait dengan bagaimana melakukan kegiatan usaha perikanan budidaya yang sumbernya berasal dari anggaran dana pemerintah.

Maka dari itu, dengan alokasi sekian persen untuk kegiatan ketahanan pangan yang dianggarkan, salah satunya adalah dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat melalui perikanan budidaya yang semakin menarik hingga nantinya pada tahap produksi.

Selain itu menurutnya, pelaku usaha akan melihat harga komoditas untuk kegiatan perikanan, seperti halnya juga budidaya udang yang semakin tinggi produksinya, maka semakin besar pula harganya, karena udang tersebut tujuannya untuk diekspor.

Meskipun sebelumnya sempat mengalami penurunan yang disebabkan banjir rob, sehingga pembudidaya gagal panen, namun saat ini sudah mulai bangkit kembali.

Selain itu, budidaya kolam untuk rumah tangga juga semakin tahun banyak diminati karena minimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

BPBD

BPBD Tanbu Himbau Masyarakat Siap Siaga Bencana Alam

Tanah Bumbu

Reporter RSB Risma Diajak Gubernur Kalimantan Selatan ke Pemprov Jawa Timur Bersama 13 Pemuda Pelopor

Tanah Bumbu

Pertama Kali ke Jakarta, Paskibraka Tanah Bumbu Punya Kesan Masing-masing

Tanah Bumbu

Sampaikan KUA dan PPAS 2025 pada Rapat Paripurna DPRD, Bupati Tanah Bumbu Singgung Bendungan Kusan

Tanah Bumbu

Kusan Hulu Gelar Pasar Murah di 11 Desa
KPM

Dinkes

Tingkatkan Pembinaan KPM, Dinskes Tanbu Gelar Pertemuan

Tanah Bumbu

Hari Kedua, Bupati Abah Zairullah Kembali Kunjungi Enam Kecamatan

DP3AP2KB

Hadiri Temu Forum Anak Kabupaten Tanah Bumbu, Ini Pesan Sekda Ambo Sakka

You cannot copy content of this page