Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Perikanan / Tanah Bumbu

Selasa, 29 Maret 2022 - 09:39 WIB

Pembudidayaan Ikan di Tanah Bumbu Bekerjasama Dengan Balai Riset Kementerian Kelautan

Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan tim dari Balai Riset Sumber Daya Kelautan Perikanan, Kementerian Kelautan RI.

Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan tim dari Balai Riset Sumber Daya Kelautan Perikanan, Kementerian Kelautan RI.

BATULICIN, RSB – Dalam melaksanakan pembudidayaan ikan, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan tim dari Balai Riset Sumber Daya Kelautan Perikanan, Kementerian Kelautan RI. Dimana tim tersebut sudah mendapatkan SK dari Bupati Abah HM. Zairullah Azhar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan, Yulian Herawati melalui Kabid Perikanan Budidaya, Mansyur ketika menjadi narasumber program talkshow RSB di Studio Radio Swara Bersujud baru-baru tadi. 

Adapun tim dari Balai Riset tersebut yakni terdiri dari sepuluh orang yang berasal dari Balai Riset Sumber Daya Kelautan Perikanan, Pusat Riset Perikanan, Balai Besar Riset Bioteknologi Kelautan Perikanan, kemudian Balai Riset Budidaya, Balai Riset Mekanisasi Kelautan dan Perikanan.

Baca juga Dinas Perikanan Sebut Usaha Perikanan Budidaya Alami Peningkatan Setiap Tahun

Lebih lanjut dijelaskan Mansyur, dari beberapa pusat-pusat riset dan tali riset dari Kementerian Kelautan Perikanan tersebut merupakan orang-orang yang ahli pada bidangnya, gelarnya pun ada yang doktor bahkan profesor, hanya terdapat dua orang yang lulusan S2, sementara delapan orang lainnya merupakan lulusan S3. 

Menurutnya, pembudidayaan ikan hanya diberikan kepada pelaku usaha perikanan atau pelaku utama perdagangan, dimana pelaku utama perikanan adalah mereka yang melakukan kegiatan perikanan secara langsung, seperti menangkap ikan, pembudidaya, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Perikanan

Kepala Dinas Perikanan diwakili Kabid Perikanan Budidaya, Mansyur kepada Kru RSB saat menjadi narasumber program talkshow di Studio Radio Swara Bersujud

Hal ini disebut dengan pelaku utama perikanan, dimana pelaku utama perikanan budidaya se-Kabupaten Tanah Bumbu ini berdasarkan data terdapat sebanyak 177 kelompok pembudidaya ikan yang tergabung dalam binaan Dinas Perikanan secara langsung, 

Selain itu disebutkannya, juga ada tim lapangan yang disebut penyuluh perikanan adalah para pegawai negeri yang digaji secara langsung oleh Kementerian Kelautan Perikanan, mereka bertugas di Kabupaten Tanah Bumbu yang jumlahnya sebanyak 24 orang, tersebar di 12 wilayah kecamatan.

Dalam tugasnya, para penyuluh perikanan tersebut melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku pelaku utama perikanan baik budidaya maupun tangkap serta pengolahan hasil pemasaran perikanan. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Pemkab Tanbu Hadirkan Narasumber dari Provinsi Kalsel pada Raker SKPD

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah, Pimpin Kunjungan Kerja ke Kuranji

Tanah Bumbu

Tindak Lanjuti Keinginan Bupati, Dinsos Gelar Rakoor Pemutakhiran Data Kemiskinan

Tanah Bumbu

Dispersip Tanah Bumbu Undur Jadwal Kegiatan Festival Literasi Bersujud Tahun 2023

Tanah Bumbu

SDN Sungai Dua Laut Terapkan Program Satu Desa Satu Masjid

Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Terima Hibah Barang Milik Negara Senilai Hampir Rp 17 Miliar

Tanah Bumbu

Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Pimpin Ekspose Program SFV di Desa Sungai Dua

You cannot copy content of this page