Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Kamis, 28 Oktober 2021 - 10:35 WIB

Tahun 2022, 54 Desa di Tanah Bumbu Akan Gelar Pilkades Secara Serentak

BATULICIN, RSB – Tahun 2022 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) berencana melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara setentak pada 54 desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Terkait hal itu, Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan bahwa pada tahun berikutnya akan mengubah Peraturan Daerah yang mengatur tentang Pilkades. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan keadaan yang mana sampai sekarang pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Kepada Kru RSB pada Rabu (27/10/2021) siang kemarin, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanah Bumbu, Ichsan Shirazi, mengatakan bahwa adanya Kemendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang pemilihan kepala desa pada masa pandemi, kini terdapat regulasi yang masih berkenaan dengan aturan Pilkades.

Beberapa isi regulasi tersebut antara lain mengatur susunan keanggotaan panitia Pilkades tingkat kabupaten maupun kecamatan, pembatasan jumlah pemilih dalam satu TPS dari kuota maksimal 1000 menjadi 500 pada tiap TPS, dan teknis pemilihannya menggunakan model pemilu pilkada.

Terkait dengan sosialisasi pilkades sebagai proses awalnya akan dilaksanakan sesuai aturan regulasi yaitu 6 bulan sebelum masa jabatan berakhir sekitar bulan Mei atau Juni tahun 2022. Perkiraan pelaksanaan pilkades ini akan dilaksanakan pada bulan Oktober atau November 2022 sebagai waktu pemungutan suara, dan pengumuman finalnya jatuh di bulan Desember 2022.

Sementara itu di tempat terpisah pada kesempatan lain, Plt Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir, menghimbau masyarakat atau tokoh yang diunggulkan di desanya kembali bisa bersaing untuk memperebutkan kursi nomor satu di tingkat desa. Dimana Pilkades setentak nanti, akan menjadi ajang pesta demokrasi tingkat desa dengan menjagokan pilihannya untuk membangun desa.

Sejak sekarang, disampaikan Samsir, bahwa masyarakat sudah bisa mempersiapkan diri bila ingin maju sebagai kepala desa, untuk pembangunan daerahnya dan mendukung keinginan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar untuk mewujudkan Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah.

Berikut daftar desa yang akan melaksanakan Pilkades antara lain Desa Barokah, Desa Pulau Panjang, Desa Sungai Dua, Desa Mekar Sari, Desa Maju Bersama, Desa Danau Indah, Desa Karang Bintang, Desa Pandansari, Desa Selaselilau, Desa Pematang Ulin, Desa Maju Sejahtera, Desa Rejosari, Desa Bulurejo, Desa Maju Mulyo, Desa Mantewe, Desa Gunung Raya, Desa Sukadamai, Desa Batuah, Desa Wirittasi, Desa Pulau Satu, Desa Tri Mulya, Desa Sebamban Baru, Desa Tri Martani, Desa Sebamban Lama, Desa Sungai Loban, Desa Marga Mulya, Desa Sari Mulya, dan Desa Sungai Dua Laut.

Selanjutnya, Pilkades ini juga akan diselenggarakan di Desa Bunati, Desa Bayan Sari, Desa Banjarsari, Desa Karang Sari, Desa Lasung, Desa Pacakan, Desa Manuntung, Desa Giri Mulya, Desa Kuranji, Desa Jombang, Desa Pendamaran Jaya, Desa Sinar Bulan, Desa Sumber Arum, Desa Sungai Danau, Desa Makmur Mulia, Desa Al Kautsar, Desa Sekapuk, Desa Sejahtera Mulia, Desai Sungai Cuka, Desa Satui Timur, Desa Sumber Makmur, Desa Wonorejo, Desa Setarap, Desa Mekar Jaya, Desa Pulau Tanjung, dan Desa Tibarau Panjang. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Gelar Peringatan Hari Amal Bhakti ke- 77

Sekda

Sekda Tanbu Terpilih Wakil Ketua Forum Sekda se-Indonesia Komisariat Kalsel

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Kirim Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan 

Tanah Bumbu

Target Tahun 2023, Tanah Bumbu Kirimkan Enam Capaskibraka Ke Tingkat Nasional

Kesbangpol

Kesbangpol Gelar Rapat Pemantapan Silaturahmi Bupati dengan Ahli Waris Pahlawan 7 Februari

Kec. Sungai Loban

Pemerintah Kecamatan Sungai Loban Giatkan Gerakan Jumat Subuh Berjamaah

Informasi

IWAPI Kalsel Kunjungi Istana Anak Yatim

Tanah Bumbu

Andrean Atma Maulani Resmi Jabat Ketua DPRD Tanah Bumbu Gantikan Almarhum H.Upi

You cannot copy content of this page