Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Kesbangpol

Kamis, 2 Juni 2022 - 12:16 WIB

Tahun Depan, Badan Kesbangpol Programkan Pendidikan Politik di Seluruh Kecamatan

"Pendidikan politik tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Pemilu dan Pilkda 2024 mendatang." - Plt. Kepala Badan Kesbangpol Tanah Bumbu, Kaswan melalui, Kepala Bidang Politik dan Ormas, Rahbiah

BATULICIN, RSB – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu merencanakan program kerja yakni memberikan pendidikan politik di seluruh wilayah kecamatan di Tanah Bumbu pada 2023 mendatang.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Tanah Bumbu, Kaswan melalui, Kepala Bidang Politik dan Ormas, Rahbiah pada Selasa (31/5/2022) mengatakan, pendidikan politik tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Pemilu dan Pilkda 2024 mendatang. 

Oleh karena itu, pendidikan politik sudah dilaksanakan sejak dini hingga 2024 mendatang, di mana tahun ini akan digelar sebanyak empat kali di sekolah yang berbeda. 

Baca juga Badan Kesbangpol Tanbu Sampaikan Tahapan Pemilu 2024 Mendatang

Pendidikan tersebut merupakan pendidikan yang ditujukan kepada peserta pemilih pemula, oleh karena itu, pelaksanaannya di sekolah-sekolah jenjang SMA dengan kuota maksimal yang akan mendapatkan pendidikan tersebut sebanyak 70 hingga 100 orang peserta.

Sementara itu, Analisis Kebijakan Ahli Muda, Fatmadi Anas mengatakan, di tahun 2023 mendatang sasaran pendidikan akan lebih ditingkatkan di seluruh kecamatan dengan target 18 ribu pemilih pemula diambil berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu yang diperkirakan akan berusia 17 tahun di tahun 2024 mendatang.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada dan Pemilu pada tahun 2024, sehingga mampu mampu memberikan  pemahaman dalam meningkatkan etika dan budaya politik yang baik dan benar. 

Untuk pelaksanaannya nanti, Kesbangpol bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus sebagai narasumber yang akan memberikan materi pendidikan politik. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Kesbangpol

Kesbangpol Tanah Bumbu Siap Tampung Pengaduan Kasus Narkoba Secara Online

Kesbangpol

Kesbangpol Tanbu Tegaskan Pentingnya Peran FKUB Dalam Menjaga NKRI
Kesbangpol

Kesbangpol

Kesbangpol Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SMA

Kesbangpol

Lakukan Pembinaan FKDM, Kesbangpol Gandeng Kerjasama dengan Kodim dan Polres

Kesbangpol

Kesbangpol Tanbu Terus Upayakan Langkah Pemberantasan Narkoba
Kpu

Kesbangpol

Badan Kesbangpol Tanbu Sampaikan Tahapan Pemilu 2024 Mendatang

Kesbangpol

Kesbangpol Gelar Rapat Pemantapan Silaturahmi Bupati dengan Ahli Waris Pahlawan 7 Februari

Kesbangpol

Minimalisir Penyebaran Narkoba, Kesbangpol Himbau Masyarakat Manfaatkan Layanan Sidukun

You cannot copy content of this page