Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Rabu, 17 November 2021 - 08:34 WIB

Tingkatkan Kualitas Perekonomian, Dinas PMD Dukung Penuh BUMDes

BATULICIN, RSB – Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kualitas perekonomian desa dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di desa. Oleh karena itu, pentingnya pengurus BUMDes diberikan pelatihan khusus.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu Samsir melalui Kasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Desa, Syarwanie ketika sesi wawancara dengan Kru RSB pada pelatihan pengurus BUMDesa se-Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021, di Gedung Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (16/11/2021) kemarin.

Dijelaskan Syarwanie, pelatihan itu bertujuan untuk menambah ilmu para pengurus BUMDesa. Selain itu, terdapat tiga materi yang dijabarkan, diantaranya Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDesa, kemudian Musyawarah Pertanggungjawaban Desa serta Tata Cara Pengadaan Perbup.

Dikatakannya, semua BUMDes akan mendaftarkan diri ke Kementerian Desa dan mengikuti tahap selanjutnya, sehingga dapat sejajar dengan PT atau CV perusahaan lainnya. Sehingga diharapkan BUMDesa dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan maju di Tanah Bumbu.

Dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa, potensi desa akan digali berdasarkan potensi yang dominan pada desa tersebut, namun tidak meninggalkan usaha-usaha lainnya pada desa, contohnya pada perkebunan sawit yang hingga saat ini terus dikembangkan.

Tidak hanya itu, pengembangan usaha sawit, khususnya di Karang Bintang telah melakukan jual beli sawit hingga dijual ke luar daerah, yang mana hal ini sangat membantu perekonomian desa dalam menunjang kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, terdapat destinasi wisata yang sangat baik untuk dikembangkan yakni Desa Pulau Burung, dimana keindahan alamnya dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi pulau tersebut.

Dibeberkan Syarwanie, rencana ke depannya adalah, BUMDesa dapat meningkatkan ekonomi desa dan PADesa, sebagaimana tujuan utama dari BUMDesa yakni memperkokoh pilar pembangunan ekonomi menuju Tanah Bumbu yang maju, unggul mandiri, religius dan demokratis.

Dengan adanya kegiatan tersebut, dia berharap kepada pengurus BUMDesa agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga setiap desa dapat mengembangkan kembali BUMDesa yang sempat tidak berjalan atau pun BUMDesa yang telah berjalan dalam semakin meningkat lagi. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Bupati Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Ketika Berziarah ke Makam Orang Tuanya Sebut Ini Rumah Masa Depan Kita

Tanah Bumbu

Dinas PUPR Tanbu Tutup Total Akses Jalan KM 171 Satui

Tanah Bumbu

Partai Gerinda Terancam Tidak Terima Gaji, Walkout Saat Pembahasan APBD 2023

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Ikuti Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 Secara Virtual

Tanah Bumbu

Pastikan Mudik Aman dan Berkesan, Polres Tanah Bumbu Siapkan Titik Pos Pengamanan

Tanah Bumbu

Kadis Kominfo SP Tanah Bumbu : Wartawan Mitra Kerja Pemerintah

Tanah Bumbu

TP PKK Tanbu Laksanakan Germas, Sebagai Contoh Hidup Sehat Di Masyarakat 
Bupati

DPRD

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Dampingi Bupati Abah Zairullah Terima WTP Kesembilan Berturut-turut

You cannot copy content of this page