Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:27 WIB

TPPS Kecamatan Sungai Loban Bekerjasama dengan PT TIA Menggelar Pelatihan untuk Kader Posyandu

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) Kecamatan Sungai Loban bekerjasama dengan CSR PT. Tunas Inti Abadi (TIA) menggelar pelatihan untuk Kader Posyandu se Kecamatan Sungai Loban dengan tema ” tata cara pengukuran balita, edukasi pencegahan dan penanganan stunting”, di Aula Kantor Kecamatan Sungai, Selasa (20/2/2024).

Pelatihan dibuka oleh Sekcam Sungai Loban Zulkarnain, S.Pi menyampaikan jumlah stunting di Kecamatan Sungai Loban cukup tinggi di Kabupaten Tanah Bumbu, yakni 93 anak, hal ini menjadi tanggung jawab bersama, bagaimana menekan dan menurunkan stunting, sehingga target dari Bupati Tanah Bumbu dapat tercapai.

Zulkarnain mengucapkan terimakasih kepada PT TIA dan Kader posyandu sudah turut berperan aktif dalam penanganan dan pencegahan stunting didesa, dan berharap melalui pelatihan ini para kader akan lebih semangat dan aktif mengajak orang tua balita untuk rajin keposyandu.

CSR PT TIA Budi,mengatakan pelatihan Kader Posyandu merupakan salah satu program dari CSR PT. TIA dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga ia berharap para kader dapat menyerap ilmu yang disampaikan, yang kemudian bisa disampaikan ke kader desa masing-masing dan orang tua balita untuk rutin menimbang, mengukur berat dan tinggi badan anaknya keposyandu, sehingga terpantau tumbuh kembang anaknya.

Kita bisa mencegah stunting dengan perbaikan gizi, dan dapat mengevaluasi kenaikan TB dan BB anak, karena tidak semua pendek itu stunting.

Dokter spesialis anak dr. Gladys Gunawan, Sp.A (K) dari Banjarmasin sekaligus narasumber mengungkapkan tumbuh normal adalah pertumbuhan yang sesuai grafik pertumbuhan dan merupakan gambaran kondisi status gizi dan status kesehatan yang optimal, pertumbuhan bersifat simultan namun kecepatannya berbeda.

Jika pertumbuhan berat badan dapat dipertahankan normal maka panjang atau tinggi badan dan lingkar kepala juga akan normal, dan saat pertumbuhan berat badan mengalami weight faltering, maka panjang atau tinggi badan dan lingkar kepala mengalami deselerasi.

Penilaian pertumbuhan anak harus dilakukan secara berkala, banyak masalah fisik maupun psikososial yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, pertumbuhan yang terganggu dapat merupakan tanda awal adanya masalah gizi dan kesehatan.

Adapun tim TPPS Sungai Loban meliputi Pemerintah Kecamatan, Puskesmas Sebamban I, PKK Kecamatan dan Desa, KUA, Danramil dan Polsek, PLKB, dan turut berhadir Ketua TP PKK Desa, Kader Posyandu meja 2 dan 4 se Kecamatan Sungai Loban.

 

Penulis : Alisha Mardayanti

Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Zairullah Ingin Dibentuk Generasi Muda Berkualitas

Tanah Bumbu

Dukung Visi Misi Bupati Menuju Serambi Madinah, Disdik Arahkan Kegiatan Keagamaan Pagi di Sekolah

Tanah Bumbu

Rombongan Tim Kemendes PDTT RI Sudah di Tanah Bumbu

Informasi

Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Rilis Data Gaji Pegawai Bulan November dan Desember.
DPMD

BPD

Dinas PMD Tanbu Harapkan BPD Segera Sinergi dengan Perangkat Desa
DPMD

DPMD

DPMD Tanbu Harapkan Pelayanan di Kantor Desa Terus Ditingkatkan

Tanah Bumbu

Andrean Atma Maulani Resmi Jabat Ketua DPRD Tanah Bumbu Gantikan Almarhum H.Upi

Tanah Bumbu

Pemkec Sungai Loban Gelar Pembentukan Forum RT dan PPDB IAY Darul Azhar

You cannot copy content of this page