Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Penilaian Geospasial Banua Award di Banjarbaru Hadiri Pertemuan Rutin PKK, Camat Kusan Hilir Amirullah : Perempuan Sebagia Penggerak Pembangunan

Home / Religi / Serba - Serbi

Kamis, 20 Januari 2022 - 09:17 WIB

Upaya Wujudkan Serambi Madinah, Pemda Dinas Kebudayaan dan Porpar Beri Sentuhan pada Wisata Religi.

Reporter RSB

BATULICIN – Sebagai visi misi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menuju sebutan Serambi Madinah, Dinas Kebudayaan dan Porpar Kabupaten Tanah Bumbu memberikan sentuhan keindahan untuk wisata religi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Porpar, Hamaluddin Taher kepada Kru RSB ketika ditemui di kantornya baru-baru tadi.

Ia menyebutkan wisata religi yang menjadi prioritas utama untuk tahun 2022 yakni wisata yang terdapat di Kecamatan Kusan Hilir, namun hal tersebut berarti wisata di kecamatan lainnya akan mendapatkan sentuhan keindahan pula setelah di Kusan Hilir.

Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Tanah Bumbu, dr. HM. Zairullah Azhar yang mengatakan, akan menjadikan Pagatan sebagai ikon Tanah Bumbu bahkan diharapkan hingga Kalimantan Selatan.

Hamaluddin menjelaskan, Kubah Pagatan yang merupakan salah wisata religi yang terkenal akan di berikan sentuhan keindahan dengan konsep serambi madinah.

Dimana akan dibangunkan sebuah bangunan ditengah wisata religi tersebut berupa masjid yang hampir sama dengan masjid yang ada di Madinah. Konsep ini dirancang tidak hanya untuk menarik daya tarik pengunjung tetapi juga untuk menciptakan suasana Serambi Madinah.

Tidak hanya itu, di setiap Makan Raja dan Makam Tuan Guru, yang ditetapkan sebagai wisata religipun akan diberikan sentuhan keislaman sesuai dengan konsep Serambi Madinah.

Contohnya di makam Puang Aji Toa Kecamatan Kusan Hilir, salah satu sentuhan yang diciptakan yakni pada gerbangnya. Serta konsep untuk jalanan menuju pemakaman tersebut akan di bangun arah jalan menuju masuk dan keluar pemakaman menggunakan jalan yang berbeda. Hal ini dikarenakan jalanan yang agak sempit.

Ia berharap di tahun 2022, semua sentuhan keindahan yang akan diberikan kepada setiap wisata religi dapat direalisasikan sehingga mampu mewujudkan Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah. (Dsy)

Share :

Baca Juga

Ade Ogi

Budaya

Ketua Lembaga Ade Ogie Tegaskan Mappanre Ri Tasi E Tahun Ini Bebas Dari Unsur Syirik dan Mistis
Bupati

Dinas PolPP dan Damkar

Bupati Abah Zairullah Didampingi Sekda dan Kasatpol PP dan Damkar Lakukan Pemusnahan Miras
hipmat

Informasi

Sinergi Visi Misi Bupati, Hipmat Parepare Tegaskan Program Kerja Organisasi
mtq

Informasi

MTQ Nasional ke-19 Tingkat Kecamatan Kusan Hilir Resmi Dibuka
Religi

Informasi

Majelis Lailatul Jumat Kembali Kedatangan Penceramah Kondang Luar Daerah

Patriotisme

Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan 7 Februari, Bupati Zairullah Lantunkan Sholawat Badar

Bupati Tanah Bumbu

Launching 1 Desa 1 Masjid Bupati Tanah Bumbu Harapkan Muncul Generasi yang Hebat
adat

Budaya

Hadiri Isra Mi’raj, Abah Zairullah Kenakan Baju Adat Khas Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page