DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Rapat Paripurna DPRD

Rabu, 13 Juli 2022 - 16:05 WIB

Wakil Ketua I DPRD Tanbu Sampaikan Pandangan Dua Buah Raperda

BATULICIN, radio-swarabersujud.com – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Said Ismail Kholil Alaydrus mewakili Ketua DPRD setempat Supiansyah menyampaikan pandangan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) saat rapat paripurna pada, Rabu (13/7/2022).

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Agoes Rakhmadi tersebut membahas dua buah Raperda yang diantaranya tentang Desa Wisata dan Penyelenggaran Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro.

Dalam sambutannya, Sa’id mengatakan, bahwa DPRD mengajak Pemerintah Daerah untuk kembali memberikan sebuah pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai wujud dari pelaksanaan peraturan perundang-undangan.

Seperti halnya peraturan mengenai Raperda desa wisata antara lain UU No.10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional.

Serta Raperda kedua yang akan dibentuk berdasarkan UU No.17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian, UU No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 2021 tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

Adapun tujuannya yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa dan menumbuhkan iklim usaha yang kondusif dalam mengembangkan, meningkatkan kemampuan koperasi dan usaha mikro menjadi usaha yang tangguh berdaya saing dan berdaya sanding.

Kemudian juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan peran koperasi yang menjadi wadah bagi usaha mikro guna mengembangkan kemampuan usaha agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Terlebih dalam hal menurunkan tingkat pengangguran di desa dengan meningkatkan peran koperasi dan usaha mikro dalam membangun daerah penciptaan lapangan kerja pertumbuhan ekonomi sehingga dapat mengentaskan kemiskinan. 

Besar harapan upaya kerja keras yang terus dibangun mampu meraih cita-cita pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

Penulis : Fitri

Editor : RSB-01

Share :

Baca Juga

Bupati Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan RAPBD Perubahan TA 2022

Rapat Paripurna DPRD

Dua Buah Raperda Telah Diputuskan dalam Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu

Rapat Paripurna DPRD

Semua Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Dua Buah Raperda Tanbu

Rapat Paripurna DPRD

DPRD Gelar Paripurna Pengambilan Keputusan Terhadap Dua Buah Raperda 

Rapat Paripurna DPRD

Sekda Ambo Sakka Sampaikan Garis Besar Ringkasan RAPBD TA 2023

Disperkimtan

Disperkimtan Dukung Raperda Inisiatif Desa Wisata Melalui Program Seribu Warna Seribu Keindahan

Rapat Paripurna DPRD

DPRD Gelar Paripurna Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Tiga Raperda 

Rapat Paripurna DPRD

Sekda Tanbu Sampaikan RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2022

You cannot copy content of this page