Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Jumat, 7 Januari 2022 - 15:49 WIB

Bagian Pemerintahan Setda Beberkan Progres Rencana Pembentukan Tiga Kecamatan Baru

BATULICIN, RSB – Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tanah Bumbu membeberkan terkait progres pembentukan tiga kecamatan baru.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Tanah Bumbu, Kadri Mandar kepada Kru RSB, Kamis (6/1/21) mengatakan, progres pembentukan tiga kecamatan baru hingga saat ini sudah dalam tahap sosialisasi serta meminta dukungan kepada kepala desa di kecamatan induk agar berjalan dengan lancar.

Adapun kecamatan yang akan dimekarkan disebutkan Kadri, yakni Kecamatan Satui dan Kecamatan Kusan Hilir akan dibentuk masing-masing 1 kecamatan baru.

Kemudian ada juga penggabungan dari Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Mantewe akan dibentuk 1 kecamatan baru.

Dijelaskan, beberapa tujuan dari pemekemaran kecamatan adalah mempermudah pelayanan, memperpendek rentang kendali, dan dana alokasi khusus dari pusat akan bertambah.

Dia juga menyebutkan, syarat-syarat pembentukan kecamatan baru terdapat 10 desa dalam satu kecamatan baru dan harus tersisa 10 desa di kecamatan induk, jumlah penduduk dalam satu desa kurang lebih sebanyak 2000 jiwa, luas wilayah minimal 12 km satu kecamatan.

Selanjutnya, yang menjadi pertimbangan pemekaran kecamatan adalah terdapat lahan kosong yang akan digunakan untuk pembangunan kantor kecamatan.

Dalam pembentukan kecamatan baru di Tanah Bumbu, dibeberkannya, merupakan usulan dan keinginan langsung dari masyarakat yang berkaitan.

Peran serta bagian pemerintahan pada proses selanjutnya terkait hal ini yakni memfasilitasi dengan cara membantu menyampaikan usulan tersebut dari pemerintah daerah ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan.

Kemudian menunggu dahulu respon dari pihak Kemendagri terkait dengan persyaratan, jika sudah terpenuhi maka dapat dilakukan proses selanjutnya untuk mendapatkan kode wilayah.

Menutup wawancara, ia berharap, dengan adanya pemekaran wilayah kecamatan baru dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang aman dan sejahtera. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dinas Pertanian Ajak Pemuda Tanah Bumbu Tergabung Program YESS

Informasi

AMBO SAKKA : SEMUA KEPALA SKPD HARUS BISA MENJABARKAN KEINGINAN BUPATI
Rapat

RSB

Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Dukung Peningkatan SDM Karyawan RSB

Tanah Bumbu

Pentingnya Peran Pemuda Membentuk Kualitas Pemilu Sebagai Pengawasan Partisipatif Lapis

Dinas Lingkungan Hidup

Peringati Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Digelar Gerakan Tanam Mangrove di Desa Muara Pagatan

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka, Hadiri Pembukaan Porprov Kalsel XI di Kandangan

Tanah Bumbu

Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Lalin Melalui Operasi Kepolisian Keselamatan Intan 2023

Tanah Bumbu

Munas LKSA di Banjarmasin, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Siapkan ” Tim Kesehatan “

You cannot copy content of this page