Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Bappedalitbang / Tanah Bumbu

Rabu, 9 Februari 2022 - 09:50 WIB

Bupati Zairullah Hadiri Forum konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023

SIMPANG EMPAT, RSB- Bupati Tanah Bumbu HM. Zairullah Azhar menghadiri acara Forum konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun rencana 2023 yang diselenggarakan di Gedung Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Selasa (8/2/2022) kemarin.

Kegiatan itu bertujuan untuk menyebarluaskan program kerja pembangunan daerah sebagaimana amanat Undang-Undang, bahwa setiap aktivitas pemerintah daerah dalam proses penyusunan dokumen perencanaan sampai dokumen anggaran harus dipublikasikan kepada masyarakat. 

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, keikutsertaan masyarakat masih terbilang kecil, kini dalam forum sudah terasa kontribusi masyarakatnya dan sudah terjadi interaksi antara masyarakat dengan pimpinan SKPD bahkan dengan pimpinan daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu, HM. Zairullah Azhar menyampaikan, bahwa pembangunan tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusinya atau peran serta baik itu hanya sekedar menyampaikan saran, pendapat, atau melaporkan fasilitas daerah yang rusak agar segera dibangun dan diperbaiki.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu melalui Sekretaris Bappedalitbang, Rohmatua Susiana Simanjuntak mengatakan, kepada Kru RSB hal terpenting dalam rencana pembangunan daerah yakni setiap unsur harus ada kolaborasi, terus bersinergi, dan membangun dengan kreatif. 

Dengan hal itu, maka tujuan pembangunan daerah Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah dan Tanah Bumbu yang maju dan sejahtera dapat tercapai.

Rohmatua menambahkan, kegiatan inilah yang menjadi langkah awal sebelum dilakukannya Musrenbang dengan berbagai usulan dari masyarakat tingkat desa maupun kecamatan serta pokok-pokok pikiran DPRD akan dituangkan menjadi dokumen RKPD dan kedepannya dokumen ini akan menjadi dasar untuk menyusun dokumen anggaran.

Jika keduanya sudah selesai maka hal itulah yang akan menjadi bahan untuk menyelenggarakan urusan pembangunan di tahun 2023 yang meliputi jumlah anggaran dan jenis program.

Dalam pembahasan RKPD tahun rencana 2023 ini juga memuat unsur sosial hingga infrastruktur sehingga dapat terus memantau pengimplementasian arahan dari kepala daerah tentang pembangunan yang diprioritaskan.

Selain Bupati, turut hadir Ketua DPRD H. Supiansyah beserta unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, para pejabat di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu, Camat se-Kabupaten Tanah Bumbu, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua Organisasi Wanita, Pimpinan Perusahaan, dan tamu undangan lainnya. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Informasi

Ketua TP PKK Kabupaten Hadiri Story Telling di Istana Anak Yatim

Tanah Bumbu

Meriahkan Batulicin Festival Disdukpencapil Layani Perekaman e-KTP

Disdukpencapil

Permudah Kepengurusan Dokumen Pernikahan, Disdukpencapil dan Kemenag Jalin Kerjasama

Tanah Bumbu

Tanggulangi Kesejahteraan Sosial, Sungai Loban Bentuk Karang Taruna KecamatanĀ 

Tanah Bumbu

Tahun 2023, Bupati Zairullah Targetkan 4000 Santri Wisuda Jadi Penghafal Al Qur’anĀ 

Tanah Bumbu

Serah Terima Jabatan Kades Baru Wirittasi Berlangsung Khidmat

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Hadiri Pembukaan Sosialisasi Pengendalian Malaria

kecamatan Kusan Hilir

MTQN ke-21 Tingkat Kecamatan Kusan Hilir Berhadiah Umroh

You cannot copy content of this page