Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Bappedalitbang / Tanah Bumbu

Kamis, 3 Maret 2022 - 10:45 WIB

Jadi Narasumber Talkshow RSB, Bappeda Litbang Paparkan Tupoksi Terkait Dokumen Perencanaan Pembangunan

BATULICIN, RSB – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tanah Bumbu memaparkan kegiatan utamanya yakni menyusun dokumen perencanaan pembangunan yang akan dibantu oleh bidang-bidang untuk mengawal pada setiap tahapannya.

Sekretaris Bappeda Litbang Tanah Bumbu, Rohmatua Susiana Simanjuntak kepada Kru RSB ketika menjadi narasumber program talkshow di Radio Seara Bersujud baru-baru tadi menyampaikan, jenis dokumen yang disusun instansinya itu merupakan dokumen perencanaan pembangunan lima tahunan dan dokumen satu tahunan.

Dijelaskan lebih mendetail, dia memaparkan langkah pertama yang dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan utama Bappeda Litbang yaitu dengan mengadakan forum SKPD untuk menjaring semua aspirasi berkaitan dengan tupoksi dinas masing-masing.

Baca juga Bupati Zairullah Hadiri Forum konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023

Jadi, masing-masing SKPD nanti akan mengundang semua stakeholder yang berkepentingan dan berhubungan dengan penyelenggaraan tupoksi SKPD tersebut untuk berdiskusi membahas pelaksanaan kegiatan pada tahun depan.

Tujuan dari langkah itu adalah untuk memberikan waktu bagi seseorang yang ingin memberikan masukan, saran atau sanggahan dari stake holder dan kemudian akan dijadikan bahan untuk memperkaya rancangan awal SKPD masing-masing.

Setelah itu, rancangan tersebut akan dirangkum dalam satu dokumen rancangan RKPD dan dipaparkan pada saat Musrenbang, dimana pemerintah daerah harus menyebarluaskan apa yang menjadi programnya tahun depan.

Misalnya, pada dokumen satu tahunan itu dimulai dari membuat rancangan awal pembangunan, dimana perencanaan pembangunan nanti akan dilakukan dengan SKPD untuk mendiskusikan apa yang akan dilaksanakan dalam waktu satu tahun ke depan dan kegiatan itu disebut disverifikasi.

Selain itu dia juga menambahkan, bahwa saat ini Bappeda Litbang sedang berada di tahapan deskripsi rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), dimana SKPD terkait dengan Bappeda berusaha mencari sebuah titik kesepakatan antara target kepala daerah, kesiapan SKPD dan Bappeda Litbang.

Menurutnya lagi, hal ini dapat dicontohkan pada diskusi kepala daerah yang sudah mempunyai target pembangunan jalan selama 5 tahun harus tercapai 1000 km jalan, sehingga dalam satu tahun ke depan disepakati minimal 100 km jalan dalam kondisi sudah baik.

Tentunya kesepakatan yang diambil dalam diskusi dengan SKPD yang berkenaan dengan pembangunan kondisi jalan sudah menerka kesanggupannya memperbaiki sekian kilometer jalan dengan kemampuan anggaran dan kemampuan sumber daya manusianya.

Dengan adanya perencanaan pembangunan daerah serta penyebarannya kepada seluruh lapisan masyarakat, diharapkan dapat berkontribusi untuk membangun Tanah Bumbu menjadi wilayah yang lebih maju dan demokratis. (Fdr)

Share :

Baca Juga

Informasi

November 2022, Dinas PMD Tanbu Bakal Gelar Pilkades Serentak

Tanah Bumbu

CSR dan Empowerment Division PT BIB, Dindin Makinudin : UMKM Center PT BIB Omsetnya Capai Empat Miliyar Rupiah

Informasi

Kegiatan Posyandu dan Pemberian Imunisasi pada Balita di Desa Wirittasi

DP3AP2KB

Pemkab Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Tanah Bumbu

Gelar Lomba Adzan Bagi Pejabat Eselon II Jelang HUT Korpri ke 51

Tanah Bumbu

Kecamatan Angsana Berikan Sosialisasi Tentang Perizinan IMB kepada Unsur Perangkat Desa
Bapenda

Bapenda

Bapenda Sebut Realisasi Pajak Daerah Capai 32,93 Persen

Tanah Bumbu

Bunda PAUD Kabupaten Salurkan Bantuan Alat Permainan Educatif Kepada Lembaga PAUD se-Kecamatan

You cannot copy content of this page