Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / RSB

Kamis, 16 Juni 2022 - 09:15 WIB

Catatan ringan desy aulia : Ini sejarah dalam hidup saya

"Di RRI Banjarmasin, saya digembleng bagaimana mencari mengolah berita di lapangan, lalu menyiarkannya kepada khalayak . Ini benar-benar menyenangkan. Meskipun harus mengalahkan rasa lelah. Namun tetap semangat menjalaninya, karena adanya rasa cinta terhadap pekerjaan yang saya geluti." - Desy Aulia, reporter RSB

Batulicin, Aktual. Kesempatan belajar di RRI Banjarmasin untuk meningkatkan kemampuan dalam menyajikan berita ataupun Voice Report — dari tanggal 6-11 Juni 2022 — merupakan hal yang luar biasa dalam hidup saya.

Ini sejarah dalam hidup saya. Dan sayalah orang pertama yang dikirim Radio Swara Bersujud ( RSB ) Tanah Bumbu untuk magang di RRI Banjarmasin.

Sebagai reporter yang ingin maju dan berkembang semua pelajaran didapat dicerna dengan baik, sehingga menambah pengetahuan saya sebagai jurnalis muda.

Di RRI Banjarmasin, saya digembleng bagaimana mencari mengolah berita di lapangan, lalu menyiarkannya kepada khalayak . Ini benar-benar menyenangkan. Meskipun harus mengalahkan rasa lelah. Namun tetap semangat menjalaninya, karena adanya rasa cinta terhadap pekerjaan yang saya geluti.

Baca juga Kajati Kalimantan Selatan Kembali Kunjungi Tanah Bumbu

Selama di RRI Banjarmasin saya diajari materi berita yang terdiri dari
lima jenis di antaranya Headline News, Voice Report, News Insert, Straight News dan Report On the Spot (ROS).

Selain lima berita jenis penyajian berita, saya juga mempelajari dua program yang secara perlahan akan diupayakan diterapkan di RSB Tanah Bumbu.

Adapun catatan saya penjabarannya, Headline News merupakan berita pokok yang akan dibacakan gambaran beritanya oleh penyiar untuk menarik rasa penasaran pendengar.
Berita pokok ini akan dibacakan di pagi hari sebelum masuk dalam program baca berita.

Selanjutnya Voice Report merupakan voice yang di produksi reporter mulai dari meliput berita kemudian membuat berita serta membaca berita tersebut, selain audio membaca berita dari reporter.

Selain itu, juga dikombinasikan dengan insert dari narasumber atau kondisi di lapangan sebagai penguat kebenaran berita yang disajikan.

Di samping itu, juga ada News Insert yang tidak jauh berbeda dengan Voice Report, hanya saja perbedaannya terletak pada pembaca berita tersebut.

Jika News Insert, maka penyiar yang akan membaca berita ketika siaran, namun Insert dan beritanya tetap reporter yang akan menyediakan.

Selanjutnya Straight News merupakan berita yang dibacakan oleh penyiar tanpa menggunakan insert, sehingga tugas reporter pada sesi ini hanya meliput dan membuat berita.

Untuk Report On the Spot (ROS) yang mana jika di Radio Swara Bersujud lebih dikenal dengan Live Report, namun yang membedakan adalah RRI Banjarmasin menjadwalkan masing-masing reporter wajib melaporkan per hari berita yang didapat.

Sementara di RSB reporter akan melaporkan ketika ada kegiatan pemerintah daerah dan menyesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan.

Di samping mempelajari lima bentuk penyajian berita, saya juga diajari program lainnya seperti Program Berita Sepekan.
Adapun caranya yakni dengan mengambil berita paling menarik selama satu minggu dengan mengutamakan berita yang bersentuhan masyarakat dan sedang ramai perbincangkan serta tetap dimuat Insert.

Kemudian dari berita menarik tersebut, hanya intisarinya yang diambil untuk dibacakan serta kalimatnya diubah dan diurutkan beritanya dari paling menarik dengan penyajian full musik, kecuali suara narasumber dengan menggunakan opening dan closing oleh reporter

Adapun durasinya yakni 15 hingga 20 menit disiarkan setiap hari minggu tetapi tetap ada berita wajib yang disiarkan pada hari itu.

Kemudian Program Paket Buletin merupakan program yang full berita selama satu jam, namun tetap diselingi dengan musik.

Sementara berita wajib reporter yakni untuk paket bulletin dalam sehari reporter minimal mengirimkan tiga berita dengan format yang berbeda, di antaranya format Voice Report, News Insert dan Straight News.

Kemudian dalam sehari minimal satu kali ROS laporan langsung melalui telepon dan membuat berita online. Sementara peristiwa penting dilaporkan beberapa kali mengenai update nya seperti kebakaran, kecelakaan, macet panjang, acara besar dan lain-lain. Contoh untuk laporan hari besar yakni dimulai dari persiapan hingga acara selesai.

Di samping banyaknya jenis penyajian berita dan program berita yang harus diselesaikan, saya salut dengan loyalitas kerja semua karyawan RRI Banjarmasin, di mana setiap pagi pukul 08.00 Wita telah hadir di kantor membuat mapping liputan (agenda setting) untuk membahas arah liputan hari ini dan besok jika sudah ada jadwal besok. Namun, jika ada jadwal liputan, maka menyesuaikan dan setelahnya kembali ke kantor.

Selain itu, jika belum sempat rekaman ketika jam kerja maka tim akan bekerja sampai malam melakukan rekaman karena pemberitaan jadwalnya fleksibel. Bahkan ketika itu, reporter menyelesaikan tugas di kantor hingga pukul 02.30 Wita dini hari dan besoknya pukul 08.00 Wita kembali ke kantor dengan pakaian rapi.

Selain itu, di RRI juga menekankan untuk dalam satu berita, sebaiknya menggunakan dua narasumber untuk memperkuat berita.

Dan saya merasa beruntung selama belajar di RRI Banjarmasin karena dibimbing wartawan senior yang berpengalaman seperti Bu Nordiana, Bang Unan, dan Muhammad Aulia Rahman yang berhasil menjadi pemenang anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020.

Selain itu selama magang saya dibawa ke lapangan oleh wartawan RRI, di antaranya meliput sidang Tipikor, liputan Kubah Basirih Banjarmasin, dan Pasar Pandu.

Berita ini juga telah terbit dengan judul Catatan ringan desy aulia : Ini sejarah dalam hidup saya di aktualkalsel.com

Reporter         : RSB-01

Editor              : Admin

Share :

Baca Juga

Kabag Umum

RSB

Kabag Umum Setdakab Tanbu Kunjungi RSB
Sekda

RSB

Sekda Ambo Sakka Akui Pelayanan Jemput Bola Sangat Bagus
Sekda

RSB

Pandemi Covid-19 Melandai, Sekda Tekankan Pola Kerja Pegawai Harus Kembali Seperti Semula
rsb

RSB

Reporter RSB Akan Magang di LKBN Antara Banjarmasin
RRI

Informasi

Penyiar Berkarakter Merupakan Ujung Tombak Radio
Rapat

RSB

Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Dukung Peningkatan SDM Karyawan RSB
Sekda

RSB

Berkunjung ke RSB, Sekda Ambo Sakka Ingin Penyajian Berita Ditambah
RSBBerbagi

Informasi

RSB Berbagi, Program Galang Dana Bulan Ramadhan Untuk Bantu Warga Tidak Mampu

You cannot copy content of this page