DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / DKUMP2 / Tanah Bumbu

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:43 WIB

Dinas KUMP2 Jajaki Pendirian IPSKA

"IPSKA diharapkan dapat menjadi peluang baru agar para pengusaha yang mempunyai produk berpotensi ekspor dan para perusahaan eksportir lama dapat lebih mudah melaksanakan kegiatan ekspor di Tanah Bumbu." - Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu H. Deny Hariyanto.

BATULICIN, MC D – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu H. Deny Hariyanto bersama Bidang Perdagangan dan metrologi mengunjungi Kementrian Perdagangan RI di Jakarta, belum lama ini.

Kunjungan dimaksud dalam rangka melaksanakan konsultasi dan koordinasi terkait pendirian Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut H. Deny, dengan berdirinya IPSKA diharapkan dapat menjadi peluang baru agar para pengusaha yang mempunyai produk berpotensi ekspor dan para perusahaan eksportir lama dapat lebih mudah melaksanakan kegiatan ekspor di Tanah Bumbu. Sehingga nilai ekspor jadi meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian Tanah Bumbu secara signifikan.

Baca juga Dorong Tumbuhnya IKM, DKUMP2 Tanbu Berikan Pelatihan Sasirangan

Dari konsultasi dan koordinasi ke Kementerian Perdagangan tersebut didapati bahwa Tanah Bumbu punya peluang besar bisa mengajukan permohonan pengajuan pendirian IPSKA melalui Dirjen Fasilitasi Ekspor Impor, karena dari segi beberapa persyaratan seperti pelabuhan samudera, jalur angkutan darat lintas provinsi, dan angkutan udara yang dimiliki, serta potensi komoditi ekspor dari perusahaan besar maupun kecil sangat banyak di Tanah Bumbu.

Ketika dikonfirmasi pada Selasa (24/05/2022) kemarin di Batulicin, H. Deny mengatakan, melihat persyaratan untuk berdirinya Institusi Penerbit IPSKA baik dari segi daya dukung dan potensi komoditi ekspor Tanah Bumbu yang mumpuni, sehingga peluang menjadi sangat besar untuk proses selanjutnya yaitu peninjauan langsung oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri selaku perpanjangan tangan dari Menteri Perdagangan ke Tanah Bumbu.

Selama ini perusahaan eksportir Tanah Bumbu dalam pengurusan Perizinan Surat Keterangan Asal Barang untuk persyaratan perusahaan mereka ke Institusi IPSKA di Banjarmasin, Surabaya dan Jakarta, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan data komoditi apa saja yang telah keluar dari kabupaten baik antar pulau maupun yang di ekspor. (Rel/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Lepas Kafilah Tanah Bumbu MTQN ke-34 Tingkat Provinsi Kalsel
disdukpencapil

Disdukpencapil

Standarkan Manajemen Mutu Pelayanan Publik, Disdukpencapil Tanbu Terima Sertifikat ISO 9001

Tanah Bumbu

Gerakan Peramuka Kusan Hilir Sukses Gelar Galang Besar Tingkat Kecamatan

Tanah Bumbu

Gerakan Cuci Kaki Ibu Difasilitasi Disdik Kabupaten Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Sebanyak 60 Alumni Pelatihan Angkatan Tahun 2022 Terima Sertifikasi Kompetensi dari BLK Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Camat Simpang Empat Lakukan Silaturahmi Guna Penguatan SDSM

Tanah Bumbu

DLH Tanah Bumbu Berikan Pembinaan Sekolah Adiwiyata

Tanah Bumbu

Kasus DBD di Tanah Bumbu Terus Melandai

You cannot copy content of this page