DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / DPMD

Kamis, 16 Juni 2022 - 12:00 WIB

Dinas PMD Tanbu Implementasikan Semboyan Indonesia Melalui Program Gotong Royong

"program gotong royong disini mengutamakan adanya persatuan dan kesatuan antar masyarakat yang mana dalam setiap desa bisa dihuni oleh orang dengan beragam suku, budaya, dan kepercayaan agama." - Samsir, Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu

BATULICIN, RSB – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu mengimplementasikan semboyan Indonesia Bhineka Tunggal Ika melalui program gotong royong.

Saat diwawancarai Kru RSB di kantornya pada Jumat (10/6/2022) kemarin, Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir mengatakan, program gotong royong disini mengutamakan adanya persatuan dan kesatuan antar masyarakat yang mana dalam setiap desa bisa dihuni oleh orang dengan beragam suku, budaya, dan kepercayaan agama.

Gotong royong yang sudah terbentuk sejak jaman nenek moyang dan menjadi nilai budaya jadi perlu dilestarikan pada saat ini agar tidak hilang tergerus oleh perkembangan teknologi.

Baca juga DPMD Tanbu Jelaskan Pilkades Secara Bergelombang dan Berkelompok

Berbeda dengan lingkungan perkotaan yang sudah komprehensif sarana prasarananya serta sumber daya manusia yang elit-elit lebih sulit untuk membentuk budaya tersebut.

Dalam mengembangkan program gotong royong desa di Tanah Bumbu, Dinas PMD pernah melakukan sosialisasi dengan melibatkan Bupati, pejabat di lingkungan pemerintah daerah, camat dan aparat desa.

Tujuannya untuk menyebarluaskan dan mengajak masyarakat Bumi Bersujud  melalui perpanjangan tangan dari camat  dan pimpinan desa. 

Selain itu, melalui program ini di desa, masyarakat setempat juga bisa melakukan interaksi untuk kenalan, berkomunikasi serta menjalin silaturahmi.

Sebab dengan hadirnya pimpinan di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi contoh dan teladan sehingga implementasi semboyan Indonesia dapat dilaksanakan secara maksimal. (Fdr/Zhd/RSB)

 

Reporter         : Fitriana Rahma

Editor              : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

TPD

Dinsos

Bupati Zairullah Minta TPD Kerjasama Dinsos Bagikan Bantuan Sosial

DPMD

Pemkab Tanah Bumbu Sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang II Bagi KPPS
Safari Ramadhan

Covid-19

Safari Ramadhan di Sungai Loban, Kadis PMD Ikuti Vaksinasi Dosis Booster

DPMD

Banjarsari Juara Kedua Lomba Desa/Kelurahan se Kalimantan Selatan
Lomba Desa

DPMD

Masuk Nominasi Tiga Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi, Tim Penilai Sambangi Desa Banjarsari

DPMD

Dinas PMD Tanbu Sebut Kunjungan Kerja Bupati ke Kecamatan Untuk Gali Permasalahan Desa
Lomba Desa

BPBD

Matangkan Persiapan Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel, Dinas PMD Bina Desa Banjarsari
DPMD

DPMD

Uraiakan Progres Pemekaran 22 Desa, Dinas PMD Tanbu Sebut November Mendatang Diberikan Kode Desa

You cannot copy content of this page