Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / DPMD

Kamis, 2 Juni 2022 - 11:07 WIB

DPMD Tanbu Jelaskan Pilkades Secara Bergelombang dan Berkelompok

"Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, penyelenggaraan pemilihan kepala desa yakni secara bergelombang dan berkelompok." - Kepala Dinas PMD, Samsir

BATULICIN, RSB – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu menjelaskan pemilihan kepala desa dengan dua cara yakni Pilkades bergelombang dan Pilkades berkelompok.

Kepala Dinas PMD, Samsir kepada Kru RSB saat dikunjungi ke kantor pada Jumat (28/5/2022) mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, ada dua hal yang harus diketahui pada cara penyelenggaraan pemilihan kepala desa yakni secara bergelombang dan berkelompok.

Pilkades bergelombang adalah pemilihan kepala desa yang dilakukan berulang kali setiap tahun karena masa jabatan seorang kepala desa tidak sama atau tidak serentak.

Baca juga DPMD Tanbu Harapkan Pelayanan di Kantor Desa Terus Ditingkatkan

Misalkan pada tahun ini, kepala desa yang habis masa jabatannya sebanyak 54 dari 144 desa dan sisanya habis pada tahun berikutnya. 

Maka pada tahun ini akan dilakukan Pilkades untuk 54 desa yg lebih dahulu dan sisanya akan dilakukan kembali Pilkades pada tahun berikutnya yang diikuti oleh 99 calon kepala desa.

Sedangkan Pilkades secara kelompok adalah pemilihan kepala desa secara serentak sebanyak 144 desa di tahun yang sama.

Sesuai dengan harapan Undang Undang Nomor 16 Tahun 2014 tentang Desa, Pilkades dilaksanakan secara berkelompok karena dinilai lebih efisien dari sisi penyediaan anggarannya.

Kemudian untuk saat ini, Pilkades di Kabupaten Tanah Bumbu masih menggunakan cara bergelombang, dan rencananya akan diubah menjadi Pilkades berkelompok di waktu mendatang.

Samsir juga mengatakan untuk mewujudkan harapan Undang Undang tersebut, Pilkades di Kabupaten Tanah Bumbu masih dalam tahap pengkajian, analisa dan lain sebagainya. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

DPMD

Bupati Tanbu Berikan Kewenangan kepada Kecamatan dalam Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa

Covid-19

DPMD Tanbu Harapakan PPKM Mikro Dapat Meminimalisir Penyebaran Covid-19
Dpmd

DPMD

Implementasi Serambi Madinah, Dinas PMD Tanbu Lakukan Pembinaan dan Monitoring Kegiatan Keagamaan ke 12 Kecamatan
PMD

DPMD

Kadis PMD Sebut Tiga Indikator Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan
DPMD

DPMD

Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Disambut Meriah di Desa Banjarsari
Pilkades

DPMD

Pilkades Serentak Masih Dalam Tahap Penyusunan Peraturan Daerah
Pemilu

DPMD

Dinas PMD Tanbu Konfirmasi Tertundanya Pilkades Serentak Tahun Ini

DPMD

Tingkatkan Pengelolaan Air Bersih, Dinas PMD Gelar Pelatihan KP-SPAM

You cannot copy content of this page