Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / DPMD

Senin, 13 Juni 2022 - 09:57 WIB

Uraiakan Progres Pemekaran 22 Desa, Dinas PMD Tanbu Sebut November Mendatang Diberikan Kode Desa

Kode Desa memantapkan sektoral daerah definitif untuk menghindari kesalahan anggaran.

Kode Desa memantapkan sektoral daerah definitif untuk menghindari kesalahan anggaran.

BATULICIN, RSB – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu menguraikan progres terkini terkait pemekaran 22 desa pada tahun lalu di Bumi Bersujud.

Saat dikunjungi Kru RSB di kantornya, Jumat (10/6/2022), Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu Samsir mengatakan, sebagai dinas yang tupoksinya bersentuhan dengan berbagai urusan kegiatan desa, dia bersyukur karena pada tahun ini tepatnya bulan November mendatang akan mencapai tahap finishing di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Kepala Administrasi Kewilayahan untuk mendapatkan kode desa.

Setelah mendapatkan kode desa, dijelaskannya, berarti desa yang dimekarkan sudah bisa dikatakan desa definitif karena itu sudah sah secara definitif.

Adapun proses-proses yang sudah dijalani yakni membuat Peraturan Bupati terkait masalah peta rupa bumi dan pembuatan citra satelit tegangan tinggi sebagai syarat pengajuan pemekaran desa.

Baca juga DPMD Tanbu Jelaskan Pilkades Secara Bergelombang dan Berkelompok

Peta rupa bumi dan citra satelit tegangan tinggi ini akan menggambarkan desa induknya ini sebelah timur, sebelah barat, sebelah selatan, sebelah utara, dengan jelas.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya desa siluman dalam artian ketika ditelusuri tidak ada lokasinya, tapi anggarannya keluar terus dan tidak ada kantornya.

Oleh karena itu, sekarang pemerintah pusat lebih selektif memilih berkas pengajuan pemekaran desa.

Lebih lanjut dijelaskan Samsir, gelombang pertama, Tanah Bumbu ada delapan desa yang nantinya diberikan keterangan hasil verifikasi, seperti Peraturan Bupati yang sudah lengkap kemudian akan direkomendasikan untuk diberikan kode desa.

Selanjutnya pada bulan Juni ini, DPMD Tanah Bumbu akan mengekspose lagi dua desa ke provinsi tentang peta bumi, potensi desa, pembuatan peraturan desa terkait pemekaran desa dan lain sebagainya.

Setelah itu baru menyusul gelombang kedua ada 14 desa yang saat ini sudah diproses terkait dengan syarat pemekarannya dan usulan tersebut sudah harus diterima pada November 2022, dan pada Maret 2023 mendatang desa tersebut baru dapat dikatakan desa definitif. (Fdr/Zhd/RSB)

 

Reporter         : Fitriana Rahma

Editor              : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

DPMD

DPMD

Dinas PMD Tanbu Implementasikan Semboyan Indonesia Melalui Program Gotong Royong
DPMD

DPMD

Kadis PMD Tanbu Samsir Sebut Ada Tiga Desa Belum Ada TPD

DPMD

Pilkades Ditunda, sebanyak 54 Kades Habis Masa Jabatan Tahun Ini
PMD

DPMD

Kadis PMD Sebut Tiga Indikator Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan

DPMD

Pemkab Tanah Bumbu Sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang II Bagi KPPS

DPMD

Dinas PMD Berikan Apresiasi Pegawai Loyalis dan Rajin Kerja
Dpmd

DPMD

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dinas PMD Tanbu Ikuti Upacara Secara Virtual
DPMD

DPMD

Kepala Dinas PMD Tanbu Hadiri Rapat Koordinasi Pembuatan Matriks Multisektor

You cannot copy content of this page